Lomba Perahu Bidar di Daerah Sungai Musi Palembang, Sumatera Selatan.
Sumber :
  • Tim TvOne/ Pebri

Perlombaan Perahu Bidar di Sungai Musi Palembang, Dimulai dari Cerita Rakyat

Minggu, 20 Agustus 2023 - 13:54 WIB

Palembang, tvOnenews.com - Hampir setiap tahun saat perayaan HUT Republik Indonesia, perlombaan Perahu Bidar diperlombakan di Sungai Musi tepatnya tak jauh dari areal Jembatan Ampera.

Apalagi tahun ini, perlombaan Perahu Bidar akan digelar dengan meriah pada hari ini, Minggu (20/08/2023).

Bukan hanya perlombaan Perahu Bidar tradisional namun pada perayaan HUT RI ke 78 di kota Palembang tahun ini juga akan ada perlombaan Perahu Motor Hias.

Palembang yang merupakan salah satu perkotaan maritim yang ada di Indonesia, tentu Perahu Bidar tradisional ini sudah ada sejak lama bahkan konon katanya Perahu Bidar ini sudah menjadi ajang perlombaan sejak jaman kesultanan di kota Palembang.

Budayawan Palembang Kemas AR Panji menjelaskan asal usul perlombaan Perahu Bidar, dimulai dari cerita rakyat yaitu Dayang Rindu atau Dayang Merindu.

“Ada legenda rakyat jaman dulu namanya Dayang Rindu atau Dayang Merindu. Jadi ada dua ksatria atau dua laki-laki yang ingin menikahi Dayang Rindu, karena Dayang Rindu suka dengan keduanya dan tidak mampu menentukan pilihan maka Dayang Rindu memutuskan untuk menyuruh kedua pria tersebut untuk lomba dayung perahu. Namun karena kelelahan, maka keduanya tidak ada yang menang,” tutur Kemas AR Panji, saat diwawancarai, minggu (20/8/2023) 

Dari cerita rakyat itulah, yang kemudian menjadi inspirasi masyarakat kota Palembang menjadikan  Perahu Bidar sebagai salah satu ajang perlombaan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral