Es Dawet Sougeh Khas Bumiayu Pali.
Sumber :
  • Tim TvOne/ Boris

Es Dawet Sougeh Khas Bumiayu Pali, Minuman Manis Pelepas Dahaga

Senin, 21 Agustus 2023 - 11:50 WIB

Pali, tvOnenews.com - Es dawet Sougeh Khas Bumiayu Kabupaten Pali, Sumatera Selatan, menjadi minuman manis pelepas dahaga yang cocok dinikmati di tengah teriknya matahari. Selain itu, es dawet Sougeh Khas Bumi Ayu ini, juga pas dinikmati saat sore hari di tempat terbuka umum, seperti taman atau alun- alun.

Di Kabupaten Pali, Anda bisa menikmati segar dan manisnya es dawet Sougeh Khas Bumiayu di pusat oleh-oleh sagarurung milik Puput, yang berada di Jalan Merdeka Kelurahan Handayani Mulya, Kecamatan Talang Ubi, tepatnya di seberang lapangan Golf Pertamina.

Es dawet Sougeh Bumiayu milik Puput, memiliki cita rasa cendol yang kenyal dan kuah santan serta gula aren yang gurih. Kemudian terasa lembutnya jika dicampur dengan Toping buah- buahan seperti Nangka, Durian dan Mangga. Satu porsi es dawet Sougeh Khas Bumiayu Original dijual dengan harga Rp 6.000, kalau ditambah Toping menjadi Rp 8.000.

Penjual, Puput menjelaskan, dalam satu porsi es dawet Sougeh Khas Bumiayu berisi es batu, santan, cendol dan gula aren. Ia mengatakan, yang menjadikan es dawet buatannya istimewa karena pembuatannya menggunakan bahan- bahan alami semua. Bahan pembuatan cendol berasal dari tepung beras, tapioka, gula aren, dan air perasan pandan sebagai pewarna.

"Yang khas dari Es Dawet Sougeh Bumiayu warnanya yang hijau pandan. Jadi pewarnanya asli menggunakan pandan dan daun Katu." Jelas Puput pada Minggu (20/08/2023).

Puput mengatakan, ia berjualan sejak pukul 08:00 WIB hingga pukul 18:00 WIB. Untuk toping mangga, Puput mengatakan, setiap hari akan selalu ada, sedangkan nangka dan durian tergantung musim buah. Dalam sehari Puput bisa menjual Sekitar 100 porsi Es Dawet Sougeh Khas Bumi Ayu kalau sedang ramai.

"Kalau toping Mangga di sini ada trus, kalau untuk Durian dan nangka tergantung musim buah nya, apalagi kalau nangka sangat sulit didapatkan. Sekarang kan sudah banyak minuman kekinian yang dijual di pasaran, dengan Es Dawet Sougeh Khas Bumiayu, keinginan saya untuk melestarikan minuman tradisional dengan kemasan yang lebih menarik. Pembeli boleh memilih salah satunya, memakai keduanya, atau original tanpa toping. Kalau Hari-hari biasa sekitar 50 porsi, dan juga sering mendapatkan order kalau ada acara-acara atau kegiatan Kabupaten. Ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral