Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi memberikan penjelasan terkait situasi global melalui rekaman video di Padang, Senin (21/8/2023)..
Sumber :
  • Antara

Retno Marsudi: Kepercayaan Internasional Terhadap Indonesia Terus Meningkat

Senin, 21 Agustus 2023 - 15:31 WIB

Padang, tvOnenews.com - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengatakan kepercayaan dunia internasional terhadap Indonesia terus meningkat sebagaimana yang disampaikan Presiden Joko Widodo pada pidato kenegaraan 16 Agustus 2023 lalu.

"Beberapa lembaga think tank dan media internasional juga memperkuat pernyataan Presiden tersebut," kata Menlu RI Retno Marsudi pada kuliah umum bertajuk "Peran Kementerian Luar Negeri dalam pelaksanaan diplomasi soft power Indonesia" yang digelar Universitas Andalas di Padang, Senin (21/8/2023).

Sambutan Retno Marsudi tersebut disampaikan melalui rekaman video. Sebab, pada saat bersamaan Menlu Retno sedang berada di Nairobi bersama kepala negara dalam menjalankan tugas kenegaraan.

Beberapa lembaga think tank seperti Lowy Institute menyebut bahwa pengaruh diplomatik Indonesia terus menguat. Bahkan, Indonesia termasuk satu dari enam negara yang mengalami kenaikan comprehensive power di Asia.

"Pada 2022 Indonesia merupakan negara ketiga paling aktif melakukan diplomasi di kawasan Asia," ujarnya.

Retno mengatakan, kepercayaan dunia internasional terhadap Indonesia bukan sesuatu yang datang secara tiba-tiba. Capaian positif itu diraih atas investasi diplomasi yang panjang, konsistensi diplomasi hingga kebijakan politik luar negeri Indonesia yang selama ini dijalankan.

"Kepercayaan yang tinggi adalah bentuk kepercayaan dunia," ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:35
02:56
03:32
02:20
01:02
12:54
Viral