Gunung Dempo saat erupsi diabadikan oleh seorang pendaki.
Sumber :
  • Tim tvOne/Kiki Habibi

Momen Gunung Api Dempo Saat Erupsi Diabadikan Seorang Pendaki

Senin, 21 Agustus 2023 - 22:15 WIB

Pagaralam, tvOnenews.com - Gunung Api Dempo (GAD) yang berada di Kota Pagaralam, Sumatera Selatan mengalami erupsi dan sempat viral di media sosial. Pada video yang berdurasi 18 detik itu, seorang pendaki sempat merekam terjadinya erupsi di depan kawah Gunung Api Dempo tersebut.

"Visual erupsi tidak terlihat karena pagi tadi tertutup awan," kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Dempo, Wiwid, saat dihubungi tvOnenews.com, Senin (21/8/2023).

Wiwid menambahkan, erupsi di Gunung Dempo terjadi pada pukul 09:05 WIB, namun tinggi kolom abu tidak teramati. Erupsi ini terekam melalui seismograf dengan amplitudo maksimum 35 mm dan durasi ± 3 menit 2 detik.

Dikatakannya, saat ini Gunung Dempo berada pada status Level II (Waspada) dengan rekomendasi atau mengimbau masyarakat atau wisatawan tidak mendekati dan tidak bermalam atau camping di pusat aktivitas kawah Marapi Gunung Dempo dalam radius 1 Km, serta arah kawah sejauh 2 Km ke sektor utara.

"Mengingat kawah sebagai pusat letusan dan gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan bagi kehidupan,” ungkapnya.

Status Waspada Gunung Dempo ini sudah 2 tahun diberlakukan, merujuk pada aktivitas gunung tersebut. "Masyarakat jangan terpancing isu-isu hoaks dan selalu berkoordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau Pos Pengamatan Dempo," kata dia. (mkb/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral