kondisi air keruh yang dikonsumsi warga Desa Pelabuhan Dalam, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir..
Sumber :
  • Tim tvOne/Berkat

Miris, Warga Ogan Ilir Gunakan Air Keruh Bak Kubangan untuk Kebutuhan Sehari-hari 

Kamis, 24 Agustus 2023 - 18:43 WIB

Ogan Ilir, tvOnenews.com - Warga Desa Pelabuhan Dalam, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, terpaksa mengkonsumsi air keruh untuk kebutuhan sehari-hari. Pasalnya musim kemarau yang melanda membuat warga kesulitan mendapatkan air bersih. 

Warga yang tinggal di bantaran Sungai Mati ini, biasanya memanfaatkan air sungai untuk kebutuhan sehari-hari. Kini, warga terpaksa menggunakan air sungai tersebut yang kondisinya keruh bak air comberan.

Menurut Masiah, pihaknya menggunakan air bak kubangan untuk mandi dan mencuci serta kebutuhan lainnya.

"Kejadian ini setiap tahun terjadi pada saat musim kemarau tiba, biasa tidak juga, karena kalau ada air bersih kami lebih memilih air bersih, karena tidak ada terpaksa menggunakan air ini untuk MCK," tuturnya, Kamis (24/8/2023).

Hal senada juga diungkapkan Jalilah, air yang berwarna kuning pekat serta berbau ini digunakan pihaknya untuk mandi cuci kakus. "Kami tak punya pilihan, jadi terpaksa mengunakan air tersebut untuk keperluan sehari-hari," katanya.

Air tersebut, katanya, membutuh waktu dua hari untuk diendapkan. "Dua hari kita tampung dulu airnya, agar jika digunakan tidak gatal-gatal," ungkapnya.

Lebih lanjut, katanya, jika pada puncaknya kemarau, mereka terpaksa menggali sumur darurat untuk mendapatkan sumber air. "Kalau untuk minum, kita beli air galon pak, masa kita minum gunakan air ini," imbuhnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:41
20:11
09:55
13:31
06:01
02:57
Viral