Tradisi bekarang di Musi Banyuasin.
Sumber :
  • Tim tvOne/Puja Kesuma

Kemarau Membawa Berkah, Ratusan Warga Musi Banyuasin Ikuti Tradisi Bekarang

Sabtu, 9 September 2023 - 11:36 WIB

Musi Banyuasin, tvOnenews.com - Dampak kemarau yang menyebabkan kekeringan di berbagai wilayah di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, membuat warga kesulitan untuk mendapatkan air. Namun di kawasan Selarai, Kecamatan Sekayu, justru kekeringan membawa berkah karena terdapat danau yang dihuni banyak ikan, sehingga membuat ratusan warga memanfaatkannya untuk berebut ikan atau bekarang.

Sebelum memulai tradisi bekarang atau berebut ikan, warga mengawalinya dengan berdoa agar diberikan hasil ikan yang melimpah, kemudian beramai-ramai masuk ke dalam danau. Tradisi bekarang ini dilakukan warga setiap satu tahun sekali di saat kemarau dan mengalami kekeringan.

"Ini merupakan tradisi unik namanya bekarang, yang artinya mencari ikan beramai-ramai di saat danau di wilayah Musi Banyuasin (MUBA) tengah mengalami kekeringan saat kemarau. Alhamdulilah warga kompak dan semuanya ikut bekarang, sebab danau di kawasan Selarai ini banyak dihuni oleh ikan besar,” pungkas Apriyadi, Pj Bupati Muba, Sabtu (9/9/2023).

Bekarang di wilayah Musi Banyuasin ini merupakan destinasi wisata unik yang hanya ada setiap satu tahun sekali. Bahkan, biasanya dilakukan serentak di 227 kecamatan yang ada di wilayah Musi Banyuasin. Tradisi menarik ini, adalah salah satu peninggalan nenek moyang dalam sejarah masyarakat Muba. (pka/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:41
02:33
02:15
05:26
01:05
02:10
Viral