Puluhan Ribu Masker di Distribusikan ke Sekolah.
Sumber :
  • Tim TvOne/ Tarmizi

Dampak Kabut Asap, Puluhan Ribu Masker di Distribusikan ke Sekolah

Minggu, 10 September 2023 - 15:34 WIB

Tebo, tvOnenews.com - Pemerintah Kabupaten Tebo, Jambi melalui Dinas Kesehatan dan BPBD mendistribusikan sebanyak 39 ribu masker ke sejumlah pelajar yang terdampak kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di sejumlah wilayah.

Langkah yang diambil pemerintah Kabupaten Tebo ini menyusul adanya surat edaran Gubernur Jambi untuk mengurangi aktivitas diluar rumah, dikarenakan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) pada level tidak sehat.

"Untuk mengurangi dampak dari cuaca yang kurang menguntungkan itu kita mendistribusikan ribuan masker terutama bagi para pelajar dan menganjurkan kepada sekolah untuk mengurangi aktivitas diluar ruangan," kata Pj Bupati Tebo, Aspan, pada Sabtu (9/9/2023).

Aspan juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan yang menyebabkan kabut asap. Dirinya juga mengakui bahwa asap yang menyebar di wilayah kabupaten Tebo ini berasal dari Kabupaten Tetangga maupun Kabupaten Tebo sendiri.

"Asap ini memang ada kiriman beberapa tempat dan tidak menutup kemungkinan asap ini juga berasal dari Tebo dan ini sudah kita tindaklanjuti," pungkasnya.

Sementara, menurut data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tebo jumlah luas lahan yang terbakar sepanjang musim kemarau ini tercatat sudah 29 hektare lebih dengan jumlah titik hotspot sebanyak 125 titik.

"dan berdasarkan rekomendasi BMKG Jambi, kita juga diminta untuk melakukan perpanjangan status siaga Karhutlah hingga bulan Oktober nanti," kata Sekretaris BPBD Tebo, A. Roni. (tar/cai)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral