Pindang Nanas Kepala Ikan Tapah Khas Muba.
Sumber :
  • Puja

Kelezatan Pindang Nanas Ikan Tapah Khas Muba yang Wajib Dicoba

Minggu, 17 September 2023 - 09:11 WIB

Musi Banyuasin, tvOnenews.com - Masakan khas Musi Banyuasin yang satu ini sangat terkenal kelezatannya. Menu masakan ini bernama Pindang Nanas ikan Tapah, yang artinya, pindang kepala ikan tapah yang dicampur dengan nanas.

Makanan berkuah bening ini berbahan dasar buah nanas yang matang dengan ikan tapah Sungai Musi. Untuk membuat masakan khas Musi Banyuasin ini, diperlukan nanas yang sudah matang, kemudian ikan tapah segar.

Kupas buah nanas kemudian cuci dan iris-iris. Sementara kepala ikan tapah dicuci hingga bersih.

Siapkan bumbu racikannya seperti cabe rawit hijau, bawang merah dan bawang putih, lengkuas, serai, gula merah, asam jawa, daun salam, kemangi, garam, dan penyedap rasa, serta ditambah bumbu spesial. Haluskan semua bumbu dan masukan ke dalam kuali, tambahkan air secukupnya.

Lalu masukan ikan tapah dan irisan buah nanas, serta taburi cabe rawit hijau, beserta daun kemangi. Setelah aroma pindang menyengat, pindang nanas kepala tapah siap disajikan untuk santap makan bersama keluarga.

"Pindang nanas ikan tapah ini kesukaan kami sekeluarga, hampir setiap satu minggu sekali, kami selalu masak pindang ikan tapah ini, wah rasanya mengigit dan lezat banget. Ini salah satu masakan kami masyarakat Muba," pungkas Artina Detiana, warga Sekayu.

Pindang nanas ikan tapah juga bisa diganti dengan ikan patin atau ikan gabus, dan yang pasti cita rasanya mampu menggoyang lidah Anda. (pka/nof)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
12:46
04:24
01:47
06:16
02:03
Viral