Wow! Kadin Kepri Buat Loncatan Industri EBT, MoU Capai Rp143 Triliun.
Sumber :
  • Istimewa

Wow! Kadin Kepri Buat Loncatan Industri EBT, MoU Capai Rp143 Triliun

Senin, 23 Oktober 2023 - 23:21 WIB

Kepri, tvonenews.com - Wow, baru baru ini salah satu perusahaan energi baru dan terbarukan (EBT) di Batam yang berstatus Projek Strategis Nasional (PSN), PT Marubeni Global Indonesia (anak perusahaan wiraraja indonesia) menandatangani fakta kerja sama (MoU) dengan perusahaan EBT ternama asal Singapura, Tuas Power, Senin (23/10/2023) di Marina Bay Sands Singapura.

Dalam kerja sama ini yang disaksikan oleh Richard Lim Chairman dari Energy Market Authority, Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Duta Besar RI utk Singapore Suryo Pratomo , Tuas Power akan mengimpor listrik ramah lingkungan, yang dihasilkan oleh Marubeni di Batam. 

Di mana Marubeni akan menghasilkan listrik tenaga solar sebesar 4,1 GWp, dan 10 GWp yang akan disimpan dalam Battery Energy Storage System (BESS). 

Adapun total investasi dari proyek ini mencapai USD 9 miliar atau senilai atau setara Rp143,47 Triliun.  

Dalam hal ini, Ketua umum Kadin Kepri, Akhmad Ma'ruf Maulana menyebut, lewat kerja sama ini Kepri akan menjadi pusat industri Energi Baru Terbarukan (EBT) terbesar se-ASEAN

Bukan hanya menunggu, Kadin Batam akan aktif dan fokus menjemput bola. Hal ini dilakukan sebagai batu loncatan industri EBT tanah air.

"Kerja sama ini juga diharapkan dapat meningkatkan percepatan transisi dari listrik yang dihasilkan dari bahan bakar fosil menuju listrik ramah lingkungan, yang menguntungkan bagi kedua negara," ujar Akhmad Ma'ruf.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral