Pengecekan dan pengambilan sampel air sumur tercemar di Tanjungpinang..
Sumber :
  • Tim tvOne/Kurnia

Diduga Cemari Sumur Warga, SPBU Klaim Tidak Alami Kebocoran Tangki BBM

Jumat, 3 November 2023 - 12:09 WIB

Tanjungpinang, tvOnenews.com - SPBU PT Baintan Anugrah Bersama di Jalan Sukarno Hatta Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau mengklaim tidak ada mengalami kebocoran tangki BBM yang mengakibatkan pencemaran terhadap sumur warga.

Sedikitnya ada sembilan rumah dan satu sumur umum di Gang Nila, Jalan Soekarno Hatta, dekat dengan SPBU yang tercemar BBM. Rata-rata air sumur tersebut berwarna biru kehitaman, dan berbau minyak bensin. Kondisi ini telah terjadi beberapa hari yang lalu dan membuat pemilik rumah resah serta khawatir.

Pengawas SPBU PT Baintan Anugerah Bersama, Andi Gunawan, memastikan tangki yang ada di SPBU tersebut tidak ada yang mengalami kebocoran. Hal ini, diperkuat dengan tidak adanya unsur minyak di sumur pantau.

Jika memang mengalami kebocoran, sumur pemantau akan dipenuhi BBM. "Sumur pemantau itu untuk pengecekan di saat tangki kita bocor. Jadi minyak itu larinya ke sumur itu," ujar Andi, Jumat (3/11/2023).

Andi turut menegaskan, tangki BBM yang berada di bawah tanah tersebut kemungkinan besar tidak akan mengalami kebocoran. Sebab, tangki SPBU dibuat dengan struktur beton yang tebal dan kokoh sesuai dengan standar Pertamina.

Andi mengaku, Pertamina bersama SPBU telah mendatangi sumur warga yang diduga dicemari oleh BBM. Namun, ia belum bisa memastikan jenis minyak yang ada di dalam sumur warga. "Minyak semua, tidak ada air. Saya juga heran. Kalau jenis minyaknya kita harus menunggu pengecekan labor," ungkapnya.

Andi menambahkan, jarak antara tangki BBM SPBU dengan sumur yang tercemar cukup jauh yaitu sekitar 80 meter. "Kita cek dari koordinat jaraknya 80 meter jika ditembak lurus. sedangkan sumur masjid yang lebih dekat tidak tercemar," tambahnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
07:50
06:25
05:02
05:06
03:25
Viral