Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah V Jambi Gelar Pameran Arsip Kuno di Mentok.
Sumber :
  • istimewa - Antara

Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah V Jambi Gelar Pameran Arsip Kuno di Mentok

Sabtu, 25 November 2023 - 10:59 WIB

Babel, tvOnenews.com - Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah V Jambi dan Kepulauan Bangka Belitung memfasilitasi upaya pemajuan kebudayaan dengan menggelar pameran foto manuskrip dan naskah kuno Bangka di Mentok, Kabupaten Bangka Barat.

"Kegiatan yang difasilitasi Balai Pelestarian Kebudayaan jambi ini akan kami laksanakan selama empat hari mulai Minggu (26/11) di gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten Bangka Barat," kata pegiat literasi dan pemerhati sejarah Suryan Masrin di Mentok, Sabtu (25/11/2023).

Ia mengatakan Pulau Bangka, sebagai bagian integral dari Indonesia, memiliki warisan sejarah yang begitu kaya dan sejumlah manuskrip yang selama ini ditemukan di daerah itu menyimpan kisah-kisah berharga tentang perjalanan zaman, perkembangan budaya, dan interaksi dengan berbagai peradaban.

"Sayangnya, seiring dengan perkembangan teknologi dan perubahan gaya hidup, kekayaan sejarah ini terancam terlupakan dan terabaikan. Oleh karena itu, kami merasa penting untuk mengadakan pameran manuskrip dan naskah kuno guna menghidupkan kembali warisan berharga ini," katanya.

Ia menjelaskan, jejak literasi di Pulau Bangka dalam manuskrip sudah terdeteksi dimulai abad 19, yakni tahun 1861 adalah menjadi kali pertama, manuskrip ini berisi tentang informasi sejarah Pulau Bangka, tata pemerintahan, termasuk juga Islamisasi di dalamnya. Literasi manuskrip ini berlaku hingga sampai abad 21.

Pada kenyataannya, kata dia, keberadaan manuskrip di Pulau Bangka belum banyak diketahui masyarakat secara umum, bahkan keluarga pewaris atau penyimpan sekali pun.

Menurut dia, hal ini terjadi karena kekeramatan benda tersebut yang oleh pemilik sebelumnya hanya dititipkan untuk dijaga dan disimpan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral