jembatan putus akibat diterjang banjir bandang..
Sumber :
  • Tim tvOne/Beni Roska

5 Jembatan Putus dan Perekonomian Warga Lumpuh Akibat Banjir Bandang Nagari Surian 

Jumat, 22 Desember 2023 - 13:42 WIB

Kabupaten Solok, tvOnenews.com - Banjir bandang melanda Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Musibah itu menyebabkan sejumlah rumah warga rusak, dan jalan umum terputus serta 5 jembatan hancur bahkan menimbun areal pertanian warga.

Kepala BPBD Kabupaten Solok, Irwan Efendi, menyebutkan banjir bandang itu terjadi akibat intensitas hujan yang tinggi hingga menyebabkan Sungai Kayu Manang meluap.

"Kejadian banjir menjelang Maghrib kemarin hingga tengah malam. Laporan sementara yang saya peroleh ada rumah warga yang rusak serta sejumlah jembatan yang hancur. Saat ini yang sangat terdampak adalah lahan pertanian masyarakat. Untuk korban jiwa tidak ada," katanya kepada tvOnenews, Kamis (22/12).

Lebih lanjut, Irwan Efendi menyebut sampai saat ini pihaknya belum bisa mendata secara rinci dampak banjir bandang. Material banjir bandang itu, menurutnya, menghambat pendataan. "Rumah rusak dan jembatan hancur itu memang ada. Tapi berapa jumlah kami belum bisa pastikan. Saat ini akses ke sana juga masih sulit dan tim masih bekerja," jelasnya.

Selain itu, menurutnya, sepanjang 2023, ini merupakan banjir bandang kedua yang melanda Nagari Surian dengan dampak yang sama.

"Ini kali kedua Nagari Surian dilanda banjir bandang. Maret kemarin di sana juga dilanda kejadian yang sama. Dampaknya hampir sama, mulai rumah rusak, jembatan putus dan lahan pertanian masyarakat rusak berat," ungkapnya.

Irwan Efendi juga mengajak masyarakat untuk lebih berhati-hati saat curah hujan tinggi. Menurutnya potensi hujan yang tinggi tidak menutup kemungkinan akan terjadinya banjir bandang susulan. "Saat ini warga setempat telah mengungsi. Namun kami tetap mengimbau mereka tetap waspada dengan curah hujan yang masih tinggi saat ini," tutupnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:46
05:04
05:40
05:59
02:08
01:12
Viral