Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting mengatakan datangnya pengungsi Rohingya ke Sumut tak boleh dibiarkan karena dikhawatirkan akan ganggu stabilitas sosial..
Sumber :
  • Iin

Pengungsi Rohingya Mulai Datangi Langkat-Deli Serdang, Ketua DPRD Sumut: Masalah Ini Tidak Boleh Dibiarkan!

Selasa, 2 Januari 2024 - 18:08 WIB

Medan, tvOnenews.com - Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting, meminta Pemprov Sumut mendesak pemerintah pusat segera menangani pengungsi Rohingya yang mulai merambah ke wilayah Indonesia, khususnya daerah Langkat, Sumut.

Teranyar, pengungsi Rohingya sempat menghebohkan warga sekitar pesisir Langkat-Deli Serdang yang terdampar di Desa Karang Gading, Deli Serdang. Baskami Ginting mengatakan berdatangannya pengungsi Rohingya ini tidak boleh dibiarkan terus-terusan.

“Masalah ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut, karena saya kira akan menimbulkan gejolak dengan masyarakat lokal. Harus ada penanganan lebih lanjut dengan mengedepankan prinsip kemanusiaan dan politik bebas aktif kita di kancah internasional. Akan tetapi lebih dari itu, kepentingan nasional kita adalah yang paling utama," katanya, Selasa (2/1/2023).

Baskami mengatakan, penanganan warga etnis Rohingya merupakan beban bagi pemerintah daerah. Apalagi, Sumut saat ini tengah berjuang untuk menyelesaikan proyek pembangunan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON).

“Sebab biaya penampungan dan sebagainya tidak dianggarkan sebagai pengeluaran dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Saat Sumut sedang hebat-hebatnya menangani infrastruktur dan PON, saya khawatir pembiayaan ini (pengungsi)  menggerus anggaran lain," jelasnya.

Kader PDI Perjuangan itu, juga meminta TNI dan Polri menelusuri oknum yang 'bermain', di balik kedatangan para pengungsi.

“Apabila ada yang melakukan human trafficking harus ditindak tegas. Jangan bermain-main soal ini, karena menyangkut kedaulatan negara kita," tambahnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral