Ketua KPU Sumatera Utara, Agus Arifin Siregar..
Sumber :
  • Tim tvOne/Bahana

Komisioner KPU Padangsidimpuan di OTT Tim Saber Pungli Polda Sumut, Ketua KPU Sumut: Dugaannya Pemerasan

Sabtu, 27 Januari 2024 - 22:34 WIB

Medan, tvOnenews.com - Ketua Komisioner Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara, Agus Arifin Siregar, membenarkan satu Komisioner KPU Padangsidimpuan diamankan pihak polisi atas kasus dugaan pemerasan. Adapun terduga pelaku pemerasan bernama Parlagutan Harahap selaku Komisioner SDM dan Parmas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padangsidimpuan. 

“Iya, benar, ketika saya konfirmasi kepada ketua KPU di sana, ya, memang mereka menyatakan sudah konfirmasi ke Polres, ya, seperti itu lah apa adanya. Yang diamankan itu anggota dari Komisioner KPU Padangsidimpuan bagian SDM dan Parmas," katanya ketika dikonfirmasi tvOnenews.com, Sabtu (27/1/2024) siang.

Agus belum mendetail perkara yang menjerat anggotanya tersebut. Dia menyebutkan, Parlagutan diamankan pada Sabtu dini hari di sebuah cafe. Sejauh ini, kata Agus, KPU Padang Sidempuan masih menggali lebih jauh perihal kasus dugaan pemerasan tersebut. 

"Mereka yang di Padangsidimpuan juga informasi tahu dari media juga. Informasinya diamankan pada dini hari tadi. Jadi mereka lagi koordinasi dengan Polres setempat untuk mengetahui informasinya," sebutnya.

Agus memastikan yang diamankan dalam kasus dugaan pemerasan itu hanya menjaring satu anggota Komisioner KPU di sana. “Iya, satu orang saja komisioner yang diamankan sudah kita konfirmasi hanya satu, Parlagutan Harahap itu saja. Tadi saya tanya apa benar kasusnya pemerasan. Setahu kita, sejauh ini soal itu. Tapi kita belum tahu lebih jelas seperti apa pemerasan itu," bebernya.

Sebelumnya tim gabungan Saber Pungli Ditrreskrimum Polda Sumut melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap komisioner KPU Padangsidimpuan berinisial PH, Sabtu (27/1/2024) dini hari. Ia diamankan polisi di sebuah kafe saat sedang terjadi pembagian uang diduga hasil memeras peserta pemilu.

Direktur reserse kriminal umum Polda Sumut, Kombes Sumaryono mengatakan, saat ini komisioner KPU Padangsidimpuan tersebut masih dalam pemeriksaan. "Benar. Sudah dilakukan penindakan dan saat ini masih dilakukan pemeriksaan," kata Sumaryono, Sabtu (27/1/2024) pagi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral