Kaca Mobil Terkena Abu Vulkanik..
Sumber :
  • Donal Chaniago

Lakukan Ini Jika Mobil Anda Terkena Abu Vulkanik, Fitra Eri: Kaca Rusak Bisa Diganti, Keselamatan yang Utama

Minggu, 28 Januari 2024 - 22:02 WIB

Agam, tvOnenews.com - Gunung Marapi di Sumatera Barat sejak 3 Desember tahun lalu, mengalami erupsi hingga saat ini. 24 pendaki yang berada di situ, meninggal dunia terkena material vulkanik yang berasal dari kawahnya.

Selain itu, lahan pertanian warga juga ikutan rusak. Tak luput juga kendaraan seperti mobil dan sepeda motor juga terimbas abu vulkanik.

Pengamat otomotif, Fitra Eri menjelaskan, bahwa abu vulkanik tersebut memiliki struktur yang kasar dan memiliki sifat korosif. Jika tidak segera dibersihkan, maka mobil bisa timbul karat dengan cepat.

“Sebaiknya segera dibersihkan jika mobil terpapar abu vulkanik,” ujar Youtuber kondang tersebut kepada tvonenews.com.

Selain itu segeralah membilas mobil dengan air bersih mulai dari bagian atas lalu ke bawah. "Seka dengan kain lap sampai benar benar kering. Jangan biarkan mobil terlalu lama terkena abu vulkanik, karena itu tadi abu itu bersifat korosif,” tambahnya.

Jika mobil dioperasikan saat menembus abu vulkanik, sebaiknya ganti semua filter yang ada, mulai filter udara, AC hingga oli. Cek seluruh sensor yang ada biasanya ada indikator peringatan pada instrumen mobil. Nantinya semua akan terganggu fungsinya hingga membahayakan kendaraan.

Periksa piringan rem cakram jika menembus abu vulkanik. Partikel yang terjebak di antara kampas rem dan cakram bisa tergores hingga menurunkan kinerja rem.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral