Sejumlah akademisi dari perguruan tinggi di Lampung membuat petisi tuntutan demokrasi, yang dibacakan di ruang terbuka di lingkungan kampus Unila, Rabu (7/2/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne/Pujiansyah

Giliran Kampus di Lampung, Ikutan Buat Petisi Penyimpangan Demokrasi

Rabu, 7 Februari 2024 - 16:26 WIB

Bandar Lampung, tvOnenews.com - Sejumlah akademisi dari perguruan tinggi di Lampung membuat petisi tuntutan demokrasi, Rabu (7/2/2024). Ikut serta di dalamnya mahasiswa dan kelompok masyarakat. Petisi itu dibacakan di ruang terbuka di lingkungan Kampus Unila.

Adapun, petisi itu ditujukan kepada Presiden Jokowi dan semua lembaga negara, dalam hal menyoroti penyimpangan demokrasi yang dilakukan oleh sang Presiden jelang pemilihan presiden 2024 tahun ini.

Para akademisi di Lampung, menilai penegakan demokrasi kian luntur. Petisi itu juga menyusul kampus di daerah lain yang juga melakukan hal serupa sejak Januari lalu. Berdasarkan naskah yang dibacakan, berikut isi petisi para akademisi tersebut.

Pertama, keprihatinan atas pelanggaran etika yang dilakukan oleh penyelenggara negara. Sebuah sikap yang tidak berdiri di atas kepentingan bangsa.

Kedua, pelanggaran etika tidak hanya mencoreng citra penyelenggaraan negara yang bersih dan berwibawa, tapi juga merugikan dan meruntuhkan bak fundamental warga negara.

Ketiga, pernyataan sikap dan tindakan yang merusak prinsip demokrasi dan mengancam fondasi penyelenggaraan negara akan menimbulkan ketidakpercayaan mendalam.

Mewakili akademisi yang menyuarakan petisi, Prof Ari Darmastuti mengatakan petisi itu bertujuan untuk menjaga iklim demokrasi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
01:48
01:38
05:22
04:27
01:33
Viral