Dampak Banjir..
Sumber :
  • Beni Roska

Sebanyak 106 Unit Rumah Terdampak Banjir di Nagari Padang Sibusuk

Minggu, 5 Mei 2024 - 17:52 WIB

Sijunjung, tvOnenews.com - Banjir bandang yang terjadi di Nagari Padang Sibusuk, pada Jumat (3/5/2024) malam sekitar pukul 21.30 WIB, akibat meluapnya Sungai Batang Piruko, menyebabkan puluhan rumah warga di tiga wilayah di desa tersebut mengalami kerusakan.

Dari data yang diperoleh, BPBD Sijunjung mencatat ada 98 rumah dan 147 KK yang terdampak akibat banjir bandang di Nagari Padang Sibusuk yang melanda di tiga desa atau jorong, yakni Jorong Kapalo Koto, Jorong Guguk Tinggi dan Jorong Simancung.

“Banjir tak hanya melanda pemukiman warga, namun juga puluhan hektare sawah milik warga juga ikut terdampak," ujar Sekretaris BPBD Sijunjung Syatria Zali, Minggu (5/5/2024).

Selain Nagari Padang Sibusuk, banjir juga melanda dua jorong yang ada di Nagari Pamuatan, Kecamatan Kupitan, di mana 17 rumah warga atau 15 KK terdampak, 1 unit surau dan 1 unit bengkel terdampak akibat banjir bandang.

“Sementara itu, Jumlah jembatan gantung yang terdampak ada 3 unit dengan kondisi 1 unit putus dan 2 unit sling skor angin putus," ujarnya.

Syatria Zali juga menuturkan bahwa saat ini BPBD Sijunjung beserta instansi terkait juga telah menurunkan bantuan logistik bagi warga yang menjadi korban musibah banjir bandang serta mendirikan posko dapur umum bekerjasama dengan dengan pihak nagari.

“Selain di Kecamatan Kupitan, usai banjir juga terjadi di Ibu Kota Muaro Sijunjung dan saat ini masih dilakukan pendataan oleh BPBD Sijunjung dibantu aparat nagari dan kecamatan," jelasnya. (bra/nof)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:02
08:47
05:04
01:52
00:44
03:48
Viral