Terkendala Persetujuan Orang Tua Vaksinasi Anak di Mandailing Natal masih 40 Persen.
Sumber :
  • Tim TvOne/Romulo

Terkendala Persetujuan Orang Tua Vaksinasi Anak di Mandailing Natal masih 40 Persen

Rabu, 19 Januari 2022 - 14:51 WIB

Mandailing Natal, Sumatera Utara - Capaian vaksinasi anak di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara hingga Rabu (19/01/2022) baru sekitar 40 persen dari total sasaran 58.404 anak. Hal tersebut terjadi karena para orang tua masih memiliki kecemasan akan efek samping vaksin, sehingga mayoritas orang tua belum memberika izin kepada pihak sekolah untuk dilakukan vaksinasi.

Upaya persuasif dan edukasi kepada orang tua terus dilakukan oleh dinas pendidikan terkait dibantu Satgas Covid-19 Mandailing Natal, agar target vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun terus segera tercapai. Vaksinasi anak di Kabupaten Mandailing Natal dimulai sejak awal Januari 2022 yang melibatkan TNI, Polri dan pemerintah daerah.

Kadis Pendidikan Kabupaten Mandailing Natal, Arbiuddin Harahap, melambatnya capaian vaksinasi di Kabupaten Mandailing Natal terkendala sejumlah hal, mulai dari kendala data anak, pemahaman orang tua terhadap vaksin dan persetujuan orang tua untuk dilaksanakan vaksin.

“Saat ini masih banyak orang tua yang masih cemas dan takut terhadap vaksin Covid 19, ini terutama karena dilakukan kepada anak, namun hal ini semua hanya kekurangan pemahaman dan pendekatan karena vaksin tersebut aman dan halal,” ungkap Arbiuddin. 

Untuk pelaksanaan vaksinasi anak, petugas harus berkoordinasi dengan pihak sekolah dan komite sekolah, kemudian petugas mendatangi sekolah secara bergantian untuk dilaksanakan vaksinasi. Setelah itu, pihak sekolah meminta persetujuan tertullis dari para orang tua untuk dilakukan vaksinasi terhadap anak-anak mereka. (Romulo Siregar/Wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:24
09:59
01:57
01:51
06:00
02:57
Viral