Suasana evakuasi kapal tenggelam oleh petugas TNI AL Lanal Karimun.
Sumber :
  • Tim Tvone/ Alboin

TNI AL Evakuasi Korban Kapal Tenggelam di Karimun

Sabtu, 12 Maret 2022 - 09:42 WIB

Tanjung Bala Karimun, Kepri - TNI Angkatan Laut melakukan operasi SAR terhadap KM. Bagas Arsakhan yang mengalami musibah di perairan pulau Pandan, Karimun, Kepulauan Riau, Jumat  (11/3/2022).

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Tanjung Balai Karimun, Letkol Laut (P) Joko Santosa, mengatakan seluruh penumpang ditemukan dalam kondisi selamat setelah dilakukan evakuasi oleh prajurit KRI Kujang dan Lanal Tanjung Balai Karimun di Perairan Pulau Pandan, Karimun.

"TNI AL menurunkan tiga sea rider, satu dari KRI Kujang-642, dua sea rider dari Lanal Tanjung Balai Karimun, berhasil menyelamatkan 4 ABK termasuk Nakhoda KM. Bagas Arsakhan dalam keadaan selamat,” kata Danlanal.

Kapal bertonase 27 GT yang dinakhodai Herizal, mengangkut 300 sak gula pasir, 300 sak beras ketan dan 1900 karton minuman kaleng yang berlayar dari Tanjung Pinang menuju ke Selat Panjang pada Jumat (11/3/2022) dini hari.

Namun dalam perjalanan pelayaran, kapal tersebut mengalami kebocoran yang mengakibatkan air masuk ke kamar mesin serta bodi kiri kapal terbuka sehingga air masuk semakin deras dan tidak bisa ditanggulangi. Meskipun sudah dilakukan pengurasan dengan menggunakam pompa, hingga akhirnya Nakhoda memutuskan untuk mengkandaskan kapal di Pantai Pulau Pandan.

"Seluruh ABK berjumlah empat orang termasuk Nakhoda dapat dievakuasi dengan selamat dengan kondisi kapal separuh tenggelam, dan sebagian muatan telah tercecer ke laut,” kata Joko.

Terpisah, Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah mengapresiasi kesigapan prajurit jajarannya yang selalu hadir dan memberikan manfaat kepada masyarakat.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral