Petugas BKSDA Aceh Berhasil Melakukan Evakuasi Terhadap Beruang Madu.
Sumber :
  • Tim TvOne/Chaidir Azhar

Terkena Jeratan Babi, Seekor Beruang Madu Berhasil Dievakuasi Petugas Gabungan

Jumat, 18 Maret 2022 - 09:57 WIB

Aceh Barat Daya, Aceh - Petugas dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) bersama Organisasi Orang utan Information Center (OIC) Aceh, berhasil melakukan upaya evakuasi terhadap satu ekor beruang madu yang terkena jeratan babi di dalam kebun sawit warga di Desa Cinta Makmur, Kecamatan Setia, Kabupaten Aceh Barat Daya.

Agar evakuasi berjalan dengan baik dan aman, beruang madu berjenis kelamin jantan dengan usia diperkira 4-5 tahum ini harus ditembak bius. "Kita terpaksa menembak bius, agar beruang tersebut tidak menyerang petugas saat dilakukan evakuasi," sebut Drh. Zuhilmi, tim medis dari Organisasi Orang utan Information Center, Jumat (18/3/2022).

Zuhilmi juga menjelaskan, kondisi beruang madu tersebut dalam keadaan sehat namun ada sedikit pembengkakan di bagian yang terkena jeratan. "Ada sedikit pembengkakan di bagian kaki yang terkena jeratan, namun secara umum beruang dalam kondisi sehat," tegas Zuhilmi.

Untuk memastikan beruang madu dalam kondisi baik, petugas tidak melepas dulu hewan yang dilindungi tersebut ke habitatnya. "Kita pantau dulu, jika dalam dua hari tidak ada masalah, nanti akan dikembalikan ke habitatnya," kata Zuhilmi.

Untuk menghindari terjadi konflik yang panjang antara manusia dan satwa liar, petugas meminta warga tidak lagi menggunakan jeratan babi sebagai pagar pelindung kebun warga. (Chaidir Azhar/Wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral