Masjid Agung An-Nur Pekanbaru.
Sumber :
  • Tim Tvone/ Muhammad Arifin

Mesjid An-nur Pekanbaru, Taj Mahal ala Indonesia

Sabtu, 9 April 2022 - 11:27 WIB

Pekanbaru, Riau - Dijuluki sebagai Taj Mahal Indonesia, Masjid Agung An-Nur Pekanbaru memiliki filosofi istimewa pada segi arsitekturnya. Ikon wisata religi ini ramai dikunjungi umat Islam dari berbagai daerah saat bulan Ramadhan.

Berdiri pada tahun 1968, masjid dengan arsitektur bangunan menyerupai Taj Mahal, mampu memanjakan mata pengunjung dengan keindahannya. Suasana taman masjid yang masih asri membuat nyaman umat muslim untuk beribadah.

Jika dilihat dari bangunannya, terdapat satu kubah besar yang dikelilingi dengan empat kubah kecil berwarna hijau. Masjid ini juga dilengkapi empat menara pada bagian depan dan belakang, kesan Taj Mahal semakin diperkuat dengan kolam panjang yang terdapat di depan masjid. Arsitektur masjid ini memperlihatkan perpaduan antara Melayu, Arab, India dan Turki.

"Keunikan masjid ini juga terletak pada filosofi dari empat menara yang menggambarkan keempat sahabat Nabi Muhammad SAW, yakni Abu Bakar As-Shiddiq, Umar bin Khatab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib," kata Muhammad Adin salah satu pengurus Masjid Agung An-Nur, Sabtu (9/4/2022).

Lanjut Adin mengatakan, sementara lima kubah berarti Rukun Islam, yang merupakan pedoman hidup umat beragama Islam. "Terdapat ukiran bernuansa Melayu pada interior Masjid Agung An-Nur, di bagian eksterior, taman yang luas dilengkapi bunga dan pohon kurma, menambah kesan asri dan sejuk pada masjid ini," ungkap Adin.

Bagi para pengunjung yang ingin datang, masjid ini terletak di Jalan Hangtuah Ujung, Kota Pekanbaru. "Masjid ini selalu ramai dikunjungi masyarakat lokal maupun luar, jumlah pengunjung semakin meningkat ketika sudah memasuki bulan suci Ramadhan. Tradisi kajian majelis dan tausiah pada bulan Ramadhan menjadi daya tarik masyarakat untuk melakukan perjalanan wisata religi," tutup Adin. (Muhammad Arifin/Wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral