Masyarakat Minta Pemkab Muara Enim Kaji Ulang Pembanguan Jalan di Semende, Jalan Baru Tanjakan Terjal Mobil Terjungkal.
Sumber :
  • Tim TvOne/Kiki Habibi

Masyarakat Minta Pemkab Muara Enim Kaji Ulang Pembanguan Jalan di Semende, Jalan Baru Tanjakan Terjal Mobil Terjungkal

Rabu, 20 April 2022 - 14:19 WIB

Muaraenim, Sumsel - Sejumlah kendaraan tak kuat karena dinilai terlalu berbahaya melintas jalan baru yang menghubungkan desa Pulau Panggung kecamatan Semende Darat Laut dengan Desa Batu Surau kecamatan Semende Darat Tengah Kabupaten Muaraenim Sumatera Selatan.
 
Akibatnya Sejumlah kendaraan pun terpaksa mundur bahkan ada yang terbalik di ruas jalan tersebut. Jalan yang belum lama dibangun oleh Pemkab Muaraenim tersebut diminta sejumlah masyarakat untuk dikaji ulang karena dirasa terlalu beresiko untuk dilintasi, dikarenakan kondisi jalan terlalu panjang menanjak, menikung dan terlalu curam karena berada di pinggir jurang.
 
Sejumlah kendaraan yang mencoba dan nekat memaksakan diri untuk melintas akhirnya tak sanggup menanjak, membuat mesin kendaraan mati ditengah jalan yang membuat kendaraan mundur kebelakang bahkan beberapa kendaraan yang membawa muatan barang sampai mengalami kecelakaan saat melintasi jalan tersebut dan menghantam pagar pembatas jalan.
 
Dengan kondisi tersebut sejumlah kendaraan yang membawa muatan akhirnya terpaksa membongkar muatan di bawah ruas jalan sebelum naik ke tanjakan untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan.
 
Seperti yang dikatakan Rima Lestya (37) salah satu pengguna jalan mengaku lebih memilih turun dari kendaraan yang ia tumpangi dan berjalan kaki naik ke atas tanjakan dikarenakan takut terjadi apa-apa jika tetap memaksakan diri menanjak.
 
"Sudah banyak kendaraan yang tidak sanggup menanjak dan mundur, bahkan ada yang sampai kecelakaan karena jalannya terlalu menanjak, jalan ini terlalu berbahaya untuk dilintasi," katanya Rabu. (20/4/2022)
 
Diungkapkannya bahwa tidak hanya kendaraan roda empat saja, kendaraan roda dua pun juga banyak yang tidak sanggup menanjak.
 
“Saya berharap agar Pemkab Muaraenim bisa meninjau ulang pembangunan jalan ini, karena jika dibiarkan, tentunya akan sangat berbahaya untuk masyarakat," katanya.
 
Sementara itu, Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Muaraenim, Ilham Yaholi mengatakan terkait hal tersebut pihaknya akan segera menindak lanjutinya.
 
"Tahun ini akan kita kaji lagi, mungkin akan dilakukan pemotongan jalan supaya lebih landai sehingga tanjakan tidak terlalu panjang dan tinggi," katanya. (MKB/LNO)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
02:28
01:48
Viral