Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana Meninjau Pelaksanaan PTM 100 Persen.
Sumber :
  • Pujiansyah

Tinjau Pelaksanaan PTM 100 Persen, Wali Kota Bandar Lampung Waspadai Penyebaran Hepatitis Akut

Rabu, 11 Mei 2022 - 16:37 WIB

Bandar Lampung, Lampung - Pemerintah Kota Bandar Lampung mulai memberlakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen pada Rabu (11/5/2022). Dimulainya PTM 100 persen, berdasarkan pertimbangan dari masuknya Bandar Lampung ke zona PPKM level 1 dan tidak adanya ledakan kasus COVID-19 pascalibur lebaran 1443 Hijriah.

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana memantau proses pelaksanaan PTM di beberapa sekolah, di antaranya SD Tanjung Agung, SMPN 33, SMPN 2, dan SMPN 5 Kota Bandar Lampung.

Eva Dwiana menerangkan, PTM 100 persen ini dilaksanakan serentak untuk tingkat PAUD, TK, SD dan SMP se-Bandar Lampung. Adapun jumlah untuk PAUD dan TK sekitar 625 sekolah, baik itu negeri dan swasta. Sedangkan, untuk SD yakni 235 sekolah dan tingkat SMP sebanyak 135 sekolah.

"Ini kita lakukan tatap muka semua, Insya Allah jika semuanya berjalan dengan baik, selama dua minggu ini kegiatan ekstrakurikuler akan boleh dijalankan untuk mengejar ketertinggalan anak-anak," terang Eva.

Ia pun mengimbau kepada kepala sekolah dan guru untuk menjadi contoh dalam penerapan protokol kesehatan.

Selain itu, Eva Dwiana mewanti-wanti terkait adanya penyakit Hepatitis Akut yang akhir-akhir ini telah merenggut jiwa anak-anak umur 16 tahun ke bawah.

"Yang kita takutkan adalah penyakit yang menyerang anak 16 tahun ke bawah. Berarti, anak SMP dan SD juga anak TK dan Paud. Dengan kepala sekolah dan guru mengingatkan kepada anak-anak kita dengan menggunakan protokol kesehatan dan membawa makanan sendiri dari rumah, sehingga baik COVID-19 maupun Hepatitis Akut bisa hilang dari kota Bandar Lampung," imbuhnya.

Melalui pelaksanaan PTM ini, Eva Dwiana mengajak kepada orang tua murid untuk bekerja sama dalam menjaga kesehatan buah hatinya. "Karena kita tidak tahu Omicron ada di mana, Hepatitis Akut ada di mana. Kalau kita semuanya kerja sama yang baik, Insya Allah," kata orang nomor satu di Kota Tapis Berseri itu.

Selain itu, Eva Dwiana mengingatkan agar guru dan kepala sekolah sabar dalam mengajar anak-anak. "Meskipun anak-anak kelas 6 dan kelas 9 sudah dipastikan akan lulus dan yang lainnya naik kelas, namun tetap kita berikan pengertian untuk tetap belajar," ujarnya.

Ditemui pada saat yang bersamaan, Kepala Dinas Pendidikan Eka Afriana Novel mengatakan pihak sekolah harus bisa menjaga anak didiknya terutama dalam penerapan protokol kesehatan.

"Kita sudah memberikan arahan agar pihak sekolah untuk waspada. Kepala sekolah bertanggung jawab untuk menjaga sekolahnya. Sedangkan, anak-anak juga harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat," kata Bunda Eka, sapaan akrabnya.

Ia berharap, dengan penerapan protokol kesehatan yang baik, serta menjaga satu sama lain, kota Bandar Lampung bisa terbebas dari COVID-19 maupun Hepatitis Akut. (puj/taa)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:30
01:07
03:27
01:35
03:20
01:47
Viral