Kasus PMK Meningkat, Dinas Pertanian dan Peternakan Gelar Sosialisasi di Madina.
Sumber :
  • Tim TvOne/Romulo

Kasus PMK Meningkat, Dinas Pertanian dan Peternakan Gelar Sosialisasi di Madina

Selasa, 7 Juni 2022 - 13:09 WIB

Mandailing Natal, Sumatera Utara -  Kasus suspek Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), di Mandailing Natal (Madina) Dinas Pertanian dan Peternakan  Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Sumatera Utara terus meningkat. Untuk mengantisipasi penyebaran penyakit PMK Dinas Pertanian Kabupaten Madina menggelar sosialisasi PMK di Gedung Serbaguna Desa Rumbio, Kecamatan Panyabungan Utara Selasa, dihadiri peternak seluruh wilayah Madina, Selasa (07/6/2022).

Berdasarkan data Dinas Pertanian Kabupaten Madina, jumlah hewan ternak yang terindikasi atau suspek menderita PMK di Madina hingga hari ini mencapai 13 ekor sapi dan 2 ekor kerbau.

Data tersebut meningkat dibanding Minggu lalu yang hanya 9 ekor sapi.

Untuk mengantisipasi makin merebaknya kasus PMK tersebut Dinas Pertanian Kabupaten Madina melaksanakan sosialisasi kepada puluhan peternak yang berada di Kabupaten Madina khususnya daerah terpapar dan daerah daerah sekitarnya.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan di Rumbio Panyabungan Utara, untuk memberikan edukasi kepada peternak tentang penyakit PMK tersebut, termasuk ciri, gejala, cara mengantisipasi supaya tidak tertular dan cara mengobati atau perlakuan kepada hewan yang tertular PMK.

Kadis Pertanian dan Peternakan Madina Sihar Nasution, dalam sosialisasi tersebut menyampaikan, saat ini sudah ada 13 ekor sapi dan 2 kerbau yang terjangkit penyakit PMK.

"Ada 13 ekor ternak sapi yang sudah terjangkit PMK dan 2 ekor kerbau yang berada di desa Gunung Tua, Rumbio, dan Mompang, dan saat ini sudah kita lakukan upaya pemberian vitamin dan penyemprotan terhadap sapi dan kerbau terjangkit PMK," ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral