Kombes Pol Satake Bayu Setianto, SIK., Kabid Humas Polda Sumbar..
Sumber :
  • Tim tvOne/ Wahyudi Agus

Begini Kronologis Nasabah Kehilangan Tabungan Hingga Miliaran yang Viral di Medsos

Sabtu, 11 Juni 2022 - 00:01 WIB

Padang, Sumbar - Video viral yang terjadi di Padang, Sumatera Barat memperlihatkan satu keluarga yang merupakan nasabah salah satu bank telah mengalami kehilangan uangnya setelah mengikuti link yang dibagikan pada media sosial jenis Whatsapp. Jumlah yang sudah dicuri dengan modus penipuan ini mencapai Rp1,1 Miliar.           

“Kasus berawal dari pada Rabu, 31 Mei 2022 yang lalu, sekira pukul 14.00 WIB. Saat itu korban sedang berada di rumahnya kawasan Komplek Berindo, Kecamatan Koto Tangah, Padang. Korban mendapatkan pesan berupa chat tentang adanya pemberitahuan berupa perubahan biaya transfer ke bank tempat dia menabung,” papar Kombes Pol Satake Bayu Setianto, SIK., Kabid Humas Polda Sumbar.

Kata Satake, korban dikirimkan formulir dan link oleh pelaku melalui pesan chat. Kemudian, tanpa curiga korban mengikuti link tersebut dan mendaftar dengan membuat username atau nama pengguna dan sandinya. Tak lama, korban kembali menerima pemberitahuan berupa SMS atau pesan singkat yang isinya kode masuk atau OTP mengatasnamakan Bank BRI.  

“Setelah langkah tersebut diikuti korban, barulah pengurangan saldo terjadi,” jelas Satake lagi. 

Pengurangan diawali dengan masuknya pemberitahuan dari aplikasi BRImo, tentang adanya pembayaran BRIVA atau BRI Virtual Account sebesar Rp300 juta. Pengurangan terus berlanjut setelah masuk lagi laporan transfer dari aplikasi yaitu Brimo sebesar Rp250 juta.

“Tak hanya di situ, beberapa laporan transaksi juga terjadi pada rekening korban, sehingga korban terus mengalami pengurangan saldo hingga berjumlah Rp1,1 Miliar,” kata Satake lagi. 

Kasus yang terjadi dalam video viral tersebut, saat ini sudah dilaporkan korban kepada Polda Sumbar. Berdasarkan laporan tersebut, penyelidikan masih terus berlanjut. (yud/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:21
03:43
06:21
13:18
01:24
01:09
Viral