Tim Satgas Terpadu Ketahanan Pangan dan Pertanian melakukan pemeriksaan pusat penjualan hewan kurban..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Pujiansyah

Satgas Ketahanan Pangan Kota Bandar Lampung Pastikan Hewan Kurban Sehat dan Bebas PMK

Kamis, 16 Juni 2022 - 16:29 WIB

Bandar Lampung - Tim Satgas Terpadu Ketahanan Pangan dan Pertanian melakukan pemeriksaan ke tiga pusat penjualan hewan kurban binaan Pemkot Bandar Lampung, Kamis (16/6/2022).

Adapun ketiga lokasi penjualan hewan kurban tersebut ialah, Prima Aqiqah di Langkapura, peternakan sapi pak Sugio di Tanjung Senang dan Sanjaya Farm di Kecamatan Sukabumi.

Dari ketiga lokasi itu terdapat 192 ekor sapi dan 400 kambing. Sedangkan untuk pengambilan sampel ada enam ekor sapi dan tiga ekor kambing yang semua dinyatakan bebas PMK dan memenuhi syarat untuk menjadi hewan kurban.

"Setelah kita turun ke lapangan, hasilnya semua hewan dalam keadaan sehat. Artinya tidak ada yang terkena Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)," ujar Tole Dailami selaku Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan.

Adanya kekhawatiran pembeli karena isu PMK ini membuat sejumlah penjual hewan kurban mengeluh adanya penurunan daya beli masyarakat.

Menanggapi hal itu, Tole mengatakan jika masyarakat ragu terhadap kesehatan hewan kurban yang akan dibeli bisa menghubungi kontak pelaporan kasus ke Dinas Pertanian.

"Jadi misalnya ada masyarakat yang ragu-ragu mau memotong hewan kurban, kita dari dinas pertanian silahkan dihubungi. Nanti kita kirim dokternya untuk memastikan hewan kurban tersebut," kata Tole.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral