Sungai Deli dalam Keadaan Darurat! Pohon Plastik dan Timbulan Sampah Liar sumber Pencemaran Mikroplastik.
Sumber :
  • Tim tvOne/Aqmarul Akhyar

Sungai Deli dalam Keadaan Darurat! Pohon Plastik dan Timbulan Sampah Liar Sumber Pencemaran Mikroplastik

Jumat, 24 Juni 2022 - 11:12 WIB

Medan, Sumatera Utara - Keadaan Sungai Deli saat ini sedang darurat. Pasalnya, 388 pohon dan 232 timbulan sampah jadi sumber pencemaran Mikroplastik. Tabir soal pencemaran Mikroplastik itu dibeberkan seorang peniliti dari Ekspedisi Sungai Nusantara (ESN), ketika berkolaborasi dengan Sangkala, Yayasan Leuser Lestari dan Telapak Badan Teritoti Sumatera Utara.

Ia akui, pihaknya mengetahui tabir tersebut karena sedang melakukan ekspedisi Sungai Deli di Kota Medan, yang dimulai dari Taman Mercy di Deli Tua hingga Jembatan Belawan. Ia juga mengungkapkan bahwa ancaman mikroplastik di Sungai Deli sangat berpengaruh pada kesehatan Peduduk Medan.

“Karena, air sungai Deli dimanfaatkan sebagai bahan baku Perusahaan Daerah air Minum Tirtanadi, mikroplastik merupakan senyawa penganggu hormon yang telah ditemukan dalam darah dan lambung manusia,“ ujarnya Prigi Arisandi kepada tvonenews.com, Jumat (24/6/2022).

Lebih lanjut ia menuturkan, bahwa peneliti ESN mendorong agar Pemkot Medan meningkatkan layanan  pengelolaan sampah dengan membangun sarana tempat pengolahan sampah di tiap Kelurahan, di tepi sungai Deli.

“Seperti kita lihat di lokasi Jembatan Panitera, jenin Mikroplastik (dalam 100 liter air) terdapat fiber (benang) ada 148 dan terdapat 62 filament (lembaran) terdapat , 26 frgamen (cuilan). Jadi jumlahnya 236,” ucapnya.

Sementara di lokasi Kerang Berombak terdapat 100 fiber (benang) dan terdapat 176 filament (lembaran) terdapat , 42 frgamen (cuilan), maka bila dijumlahkan sebesar 236.

Ia juga jelaskan, pengambilan sampel air dilakukan pada Senin-Rabu (21-23 Juni 2022) di lima lokasi yang mewakili Hulu, tengah dan hilir. Di  hulu, sampel air diambil di Wilayah Taman Mercy Deli Tua, kabupaten Deli Serdang, sedangkan wilayan Hilir diambil di jembatan Belawan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral