Jalur Kereta Api Mak Itam di Sawahlunto 1.
Sumber :
  • Beni Roska

Ini Jalur Kereta Api "Mak Itam" Sejarah Kota Sawahlunto yang Akan Dioperasikan Kembali Usai Berhenti Total 2014

Sabtu, 2 Juli 2022 - 00:52 WIB

Sawahlunto, Sumatera Barat - Jalur kereta api atau biasa di sebut "Mak Itam" dalam enam bulan kedepan akan dapat beroperasi lagi, setelah mengalami tidur panjang sejak tahun 2014 silam.

Jalur kereta api sepanjang 4 kilometer tersebut terakhir kali beroperasi untuk perjalanan KA Wisata Mak Itam pada 2009 dan berhenti total pada tahun 2014.
Sementara dalam upaya pengoperasian kembali kereta Mak itam, Sebanyak empat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersinergi membantu perbaikan sarana dan pra sarana perkeretaapian jalur Sawahlunto-Muaro Kalaban agar segera beroperasi lagi, 'yaitu' PT. KAI (Persero), PT. semen Indonesia (SIG),PT. pupuk Indonesia, PT. biofarma. ujar didek Disaat dalam kegiatan kick off perbaikan sarana dan pra sarana perkeretapian jalur Sawahlunto-Muaro Kalaban, Jum'at 01 Juli 2022 di Stasiun Sawahlunto.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan dana yang terkumpul untuk proyek pengoperasian KA 'Mak itam' ini sebanyak 20 miliar dari empat perusahaan BUMN.

"Jadi pekerjaan pengoperasian kembali Jalur KA Sawahlunto-Muaro Kalaban bakal memakan waktu 6 bulan," jelas Didiek.

"Sehingga ditargetkan pada bulan Desember nanti saat momen Hari Jadi Kota (HJK) Sawahlunto jalur kereta api ‘Mak Itam’ Sawahlunto muarokalaban dapat berjalan kembali mengangkut wisatawan," tandas Didiek.

“Untuk lokomotif uap E 1060 ‘Mak Itam’, itu memang masih memerlukan perbaikan, jadi sudah kita mulai pengerjaannya dimana sekarang sudah ada progress 15 persen. Itu dikerjakan oleh tim khusus PTKAI dari Ambarawa,” kata Didiek. 

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia dan Teknologi Informasi Kementerian BUMN Tedy Bharata mengatakan perbaikan sarana dan pra sarana perkeretapian Sawahlunto adalah buah dari Project Management Office (PMO) BUMN untuk pemulihan pariwisata Sumatera Barat yang dibentuk Menteri BUMN Erick Tohir.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:18
01:54
01:26
03:14
02:13
03:28
Viral