Camat dan BBKSDA Sumut di lokasi penemuan jejak Harimau..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Syaren

Temuan Jejak Harimau Sumatera di Perladangan, BBKSDA: Ukurannya Sudah Besar

Sabtu, 2 Juli 2022 - 13:30 WIB

Humbang Hasundutan, Sumatera Utara - Warga di tiga desa Kecamatan Sijamapolang, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, yakni Desa Nagurguran, Desa Sitapongan, Desa Sibuntuon dikejutkan dengan ditemukannya jejak Harimau Sumatera di perladangan berjarak sekitar tiga kilometer dari perkampungan. 

Camat Sijamapolang, Toga Simamora mengatakan informasi penemuan jejak harimau itu disampaikan masyarakat pada Jumat (24/6/2022) lalu. 

"Setelah mendapat informasi tersebut kita langsung turun ke lokasi bersama tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara," kata Toga Simamora kepada tvonenews.com, Sabtu (2/7/2022).

Menurut Toga, harimau tersebut dimungkinkan hanya melintas di perladangan di tiga desa itu. “Tidak ada masyarakat yang melihat harimaunya, namun hanya jejaknya yang ditemukan. Salah satunya ditemukan di lokasi pembukaan jalan oleh PT. Toba Pulp Lestari," jelasnya. 

Namun, lanjut Toga, seminggu setelah ditemukan jejak harimau tersebut, situasi saat ini aman dan kondusif. "Tidak ada lagi ditemukan masyarakat jejak harimau yang baru, mungkin harimaunya hanya melintas saat itu," ungkapnya. 

Meski demikian, kata Toga, antisipasi dini dilakukan pihaknya bersama BBKSDA Sumatera Utara untuk mencegah dampak buruk yang terjadi.

"Karena di lokasi perlintasan harimau tersebut warga menambatkan ternak peliharaannya seperti kerbau dan lembu. Jadi kita imbau masyarakat untuk sementara menarik ternaknya dari lokasi tersebut menunggu perkembangan, apakah harimau tersebut masih melintas atau bagaimana," katanya. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral