Batam Zona Merah Penyakit PMK, 15 Sapi Kurban Positif PMK.
Sumber :
  • Tim TvOne/ Alboin

Batam Zona Merah Penyakit PMK, 15 Sapi Kurban Positif PMK

Rabu, 6 Juli 2022 - 16:59 WIB

Batam - Sebanyak 15 ekor sapi kurban di Batam, Kepulauan Riau (Kepri), terkonfirmasi positif Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), usai menjalani uji laboratorium di Bukittinggi beberapa waktu lalu. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Batam, Mardanis, mengatakan saat ini Kota Batam telah masuk dalam zona merah dari penyebaran PMK. Dengan demikian, pihaknya juga akan menyesuaikan perlakuan bagi sapi di Kota Batam. Akan tetapi, sapi-sapi itu masih dapat dikurbankan. "Kita masuk zona merah. Sapi yang PMK tapi gejala ringan, boleh dikurbankan. Kami sudah rapat dengan MUI dan lainnya," ucapnya. 

Mardanis melanjutkan, sapi yang tidak layak untuk dikurbankan akan diisolasi di tempat tertentu. Pemko Batam juga akan mengeluarkan surat edaran terbaru perihal penanganan sapi kurban itu. Saat ini hewan tersebut tersebar di tujuh kandang yang ada di Kota Batam. 

Apabila bagian kepala, kaki, dan jeroan sapi ingin dikonsumsi, Mardanis menyarankan, agar setiap petugas kurban merebusnya terlebih dahulu selama 30 menit dengan air mendidih. "Apabila tidak ingin dimakan, maka harus dikubur agar tidak menyebar," tegasnya. (ahs/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
08:21
03:43
06:21
13:18
01:24
Viral