TNI Angkatan, Lanal Dumai menggagalkan pemberangkatan TKI ilegal melalui perairan Kepulauan Meranti.
Sumber :
  • Dedi Eka

Lanal Dumai Gagalkan Pemberangkatan 9 PMI Ke Malaysia, Tekong loloskan Diri Terjun ke Laut

Minggu, 7 Agustus 2022 - 10:06 WIB

Riau - Tim Gabungan Satgas Opsintelmar Lantamal I dan Pos TNI AL Selat Panjang, Kabupaten Meranti, Riau, berhasil menggagalkan pemberangkatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) secara ilegal, Sabtu (6/8/2022). Salah Seorang diantaranya merupakan Warga Negara Asing (WNA) asal Malaysia.

Mereka pelaku penyelundup manusia ini, memberangkatkan calon PMI ilegal tersebut menggunakan kapal kayu bermesin speed tanpa nama. Lokasi penggagalan tepatnya di perairan Pulau Rangsang Barat, Tanjung Sampayan, Kepulauan Meranti.

“Penggagalan pemberangkatan calon PMI secara ilegal berawal berkat informasi intelijen di lapangan. Ditindaklanjuti oleh tim dan unsur Patkamla menuju ke sasaran,” kata Komandan Lanal Dumai, Kolonel Laut (P) Stanley Lekahena M.Tr Hanla kepada awak media.

Penggagalan tersebut berada pada titik koordinat 01º9.926’N – 102º44.271′ E. Tim berhasil mengamankan 9 orang calon PMI, 1 orang WNA asal Malaysia dan 1 orang ABK beserta speed kayu mesin 40 PK 2 unit.

Calo pengiriman TKI ke luar negeri (tekong) pelaku penyelundupan berhasil lolos dalam penggrebekan itu dengan terjun ke laut melarikan diri dan menghilang di antara hutan bakau. Guna pemeriksaan dan pendalaman lebih lanjut, calon PMI, WNA dan ABK dibawa menuju Pos TNI AL Selatpanjang,” jelas Danlanal.

TNI AL dalam hal ini Lanal Dumai, terus meningkatkan kesiapan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi berbagai ancaman dan tindak kejahatan di wilayah kerjanya.

Selanjutnya, calon PMI, WNA, ABK beserta barang bukti akan diserahkan ke Imigrasi Kelas II TPI Selatpanjang untuk proses lebih lanjut. (Dep/Nof)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:54
05:57
02:52
01:10
01:35
02:06
Viral