Petugas menyuntikan vaksin PMK pada ternak sapi..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Taufik

Pemko Binjai Tatgetkan Vaksin 2500 Ekor Sapi Cegah PMK

Kamis, 11 Agustus 2022 - 17:12 WIB

Binjai, Sumatera Utara - Pemerintah Kota Binjai menargetkan sedikitnya 2500 ekor sapi akan divaksin guna mencegah penyebarluasan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Kota Binjai drh. Zefri, yang mengaku sejauh ini sudah melakukan vaksinasi PMK di Kota Binjai di lima kecamatan. 

"Memang untuk vaksinasi PMK, kita lakukan bertahap dulu karena kita masih menunggu vaksin dari dinas peternakan di Sumut," terang Zefri, usai melakukan vaksinasi sapi di peternakan Tabebuya Farmland di Jalan Rukam, Kelurahan Bandar Senembah, Kecamatan Binjai Barat, Rabu (10/8/2022). 

Zefri menambahkan, pihaknya berharap bisa meminimalisir hewan ternak yang dapat terjangkit PMK di Kota Binjai. 

"Kami berharap dengan adanya pemberian vaksin bisa semakin meningkatkan kekebalan bagi kesehatan sapi. Nantinya, Kota Binjai bebas dari PMK sehingga dapat meningkatkan ekonomi di sektor peternak dan pertanian di Kota Binjai,” ungkap Zefri sembari menjelaskan pihaknya sudah menyuntikkan vaksin ke 1494 ekor sapi dari total 2500 ekor atau sekitar 60 persen dari jumlah sapi yang ada di Kota Binjai. 

Zefri juga menegaskan bahwa dari lima kecamatan yang ada di Kota Binjai, seluruhnya merupakan zona hijau dari penyebaran virus PMK.

Setelah mendapatkan vaksinasi PMK pihaknya langsung bergerak cepat dengan melakukan vaksinasi PMK terhadap sapi perah yang sehat dan bebas PMK, minimal berumur dua minggu dan sapi yang dalam kondisi sehat yang ada di wilayah Kota Binjai. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
01:07
03:09
04:29
01:56
01:27
Viral