Kawanan Gajah Rusak Rumah Penduduk di Nagan Raya.
Sumber :
  • tim tvone/Ilham Zulfikar

Kawanan Gajah Liar Rusak Rumah Warga di Nagan Raya, Ini Penjelasan BKSDA Nagan Raya

Kamis, 8 September 2022 - 09:32 WIB

Nagan Raya, Aceh - Kawanan gajah liar kembali masuk ke permukiman warga di Desa Blang Lango, Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya. Bahkan, kantor desa setempat rusak parah karena amukan hewan dilindungi tersebut.

Dalam pantauan tvonenews.com, kejadian itu tidak ada korban jiwa. Namun, warga sekitar khawatir dengan adanya kawanan gajah liar kerap masuk ke permukiman yang merusak kebun dan rumah. 

Satu di antara warga, Arifin mengatakan, masuknya hewan dengan bahasa latin Elephas maximus itu disebabkan banyak hutan yang kini berubah menjadi lahan produksi. 

"Bahkan, adanya gangguan aktivitas lain yang ada di kawasan pengunungan daerah itu. Saya sebagai petani punya kebun sawit, kalau sudah panen susah, kalau malam kita kurang tenang, karena ada gajah berkeliaran," kata Arifin. Kamis (8/9/2022).

Arifin meminta pemerintah untuk mengambil langkah cepat, mengantisipasi kerawanan akibat gajah liar yang kerap masuk permukiman. Sehingga, masyarakat di Desa Blang Lango dan sekitarnya bisa tenang beraktivitas di perkebunan.

"Semoga pemerintah bisa memerhatikan kami disini," ujarnya.

Kepala Resor Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Nagan Raya, Satirin mengatakan, pemerintah bisa mengambil langkah untuk mencegah gajah masuk ke permukiman, dengan membuat pagar kontak kejut. Sehingga bisa membuat hewan yang terkena untuk berbalik arah dan tidak masuk lagi ke kawasan ramai penduduk.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:35
03:32
02:20
01:02
12:54
01:37
Viral