Sapi warga dimangsa harimau Sumatera.
Sumber :
  • Tim Tvone/ Ilham Zulfikar

Dua Ekor Sapi Warga Aceh Timur Dimangsa Harimau, Begini Tanggapan BKSDA Aceh

Jumat, 30 September 2022 - 12:14 WIB

Aceh Timur, Aceh - BKSDA Aceh lakukan penanganan terkait dua ekor ternak sapi berusia dua bulan milik Chairul warga Desa Punti Payong, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Aceh yang dimangsa harimau Sumatera pada Kamis (29/9/2022).

Penanganan konflik manusia dengan satwa liar dilindungi itu dilakukan setelah mendapatkan laporan dari kepala desa setempat tentang adanya dua ternak sapi milik warga dimangsa harimau Sumatera. “Kita juga telah mengerahkan Tim Resor Konservasi BKSDA di Wilayah Aceh Timur untuk menangani dan memberikan sosialisasi ke warga yang memiliki hewan ternak,” kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Agus Arianto kepada tvonenews.com, Jumat (30/9/2022).

Lanjut Agus Arianto mengatakan, bahwa lokasi tersebut memang dalam kawasan rawan kemunculan satwa liar dilindungi. “Kita tidak tahu kapan harimau Sumatera menampakkan diri. Tim juga sudah memeriksa lokasi serta memasang kamera pemantau. Jika terlihat maka akan dilakukan penggiringan,” lanjut Agus.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melepasliar hewan ternak, agar kejadian serupa tidak terulang kembali. Agus dan timnya juga belum bisa memberi keterangan terkait jenis kelamin, umur dan kesehatan harimau, karena masih menunggu laporan dari tim penanganan satwa liar dilindungi di Aceh Timur.

Sebelumnya diberitakan, selain memangsa dua ekor hewan ternak sapi berusia dua bulan, satwa liar dilindungi itu juga memangsa induk sapi. “Beruntung induknya masih bisa diselamatkan, hanya mengalami luka robek di bagian paha dan urat kaki putus,” kata pemilik sapi, Chairul kepada tvonenews.com. (izr/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral