Petugas PDAM saat Memperbaiki Pipa Pendistribusian Air yang Rusak.
Sumber :
  • Tim Tvone/Syaren

Pipa PDAM Rusak Diguncang Gempa Tapanuli Utara, 3 Kecamatan Kesulitan Air Bersih

Selasa, 4 Oktober 2022 - 14:45 WIB

Tapanuli Utara, Sumatera Utara – Tiga kecamatan di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, hingga saat ini kesulitan mendapatkan air bersih pasca gempa berkekuatan magnitudo 6.0 yang terjadi pada Sabtu (1/10/2022) lalu.

Ketiga kecamatan itu, yakni Tarutung, Siatas Barita dan Kecamatan Sipoholon. Hal ini disebabkan banyaknya pipa saluran air dari hulu sumber mata air yang mengalami kerusakan.

Dirut PDAM Mual Natio Tapanuli Utara, Lamtagon Manalu mengatakan ada 60 titik kerusakan pipa saluran air bersih yang rusak pasca gempa lalu. Menjadi penyebab sulitnya air bersih didistribusikan ke pelanggan.

“Iya karena gempa itu (kerusakan pipa). Kerusakannya sedang kita tanggulangi. Sebagian sudah selesai. Sementara untuk memenuhi kebutuhan air bagi pelanggan, kita suplai dengan menggunakan mobil tangki dan mobil damkar,” katanya, Selasa (4/10/2022).

Kerusakan pipa pendistribusian air bersih itu dari sumber mata air, kata Lamtagon murni karena bencana alam.
“Iya, karena gempa itu, kan ada ada pergeseran bumi, itukan pergeseran tanah, jadi patah lah pipa pendistribusian air ke pelanggan, ada 60 titik kerusakan pipa. Sekarang perbaikan sudah sekitar 50 persen,” sebut Lamtagon.

Ditanya kapan pendistribusian air bersih akan normal, dia belum dapat memastikan. “Agak susah juga memprediksi normal belum tau kita. Mungkin masih ada titik titik lain kan. Tapi kita usahakan secepatnya,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan, kalau sumber mata air tidak ada permasalahan. “Kalau yang bermasalah bukan sumber air tapi pipanya rusak,” Lamtagon menambahkan. (Ssg/Nof)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:35
06:40
02:00
05:21
02:44
09:37
Viral