Ketua Dewan Pertimbangan Kamar Dagang dan Industri Indonesia, Anindya Bakrie Beri Orasi Ilmiah Pada Dies Natalis Ke-77 USU di Medan.
Sumber :
  • Tim tvOne/Zulfahmi

 Anindya Novyan Bakrie Beri Orasi Ilmiah Pada Dies Natalis Ke-77 USU

Kamis, 20 Oktober 2022 - 15:12 WIB

Medan, Sumatera Utara - Ketua Dewan Pertimbangan Kamar Dagang  dan Industri Indonesia, Anindya Novyan Bakrie beri orasi ilmiah pada Dies Natalis Ke-77 Universitas Sumatera Utara, di Gesung Auditorium USU, Jalan Dokter Mansyur Medan, Sumatera Utara, Kamis (20/10/2022).

Pada kesempatan tersebut, Anindya Novyan Bakrie, menyampikan soal akselerasi antara pengembangan dan kontribusi kepada ekonomi UMKM.

"Akselarasi pasar, askiling akses keinovasi, mendapatkan regulator yang support  dan akses berkelanjutan. Kelima ini akan bekerja sama antara umkm, akdemia, pemerintah," ucap Anindya, dihadapan tamu undangan dari tokoh masyarakat, mahasiswa, alumni dan Forkopimda Provinsi Sumatera Utara. 

Ia juga mengusulkan, USU menjadi pertama dalam mengembangkan kewirausahaan.

" Sudah lama manufaktur  indonesia tertinggal dan ini kesempatan kita ditengah adanya  ikapeling. Indonesia bisa mengolah nikel dan dikirim ke barat dan ke timur, karena dari barat tidak mau kirim ke timur dan dari timur tidak mau kirim ke barat. Bisa dibayangkan manufaktur cina bisa pindah ke indonesia," jelasnya.

Dalam tujuh tahun terakhir, ekspor nikel bisa berubah nol menjadi milyar dollar AS.

"Angka 30 milyar dollar adalah 10 persen dari pada ekpor tahun ini, 10 persen 7 tahun lalu adalah nol. Kesempatan kita untuk lompat sangat mungkin, semua ada diindonesia," tegasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:17
02:29
01:25
02:52
06:56
11:04
Viral