Menparekraf Sandiaga Uno saat pembukaan Poparnas Palembang..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Pebri

Buka Poparnas Palembang, Menparekraf Sandiaga Uno Usung Sport Tourism

Sabtu, 19 November 2022 - 17:20 WIB

Palembang, Sumatera Selatan - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno membuka Pekan Olahraga Pariwisata Nasional (Poparnas) pertama yang diselenggarakan Politeknik Pariwisata Palembang

Dalam kegiatannya Sandiaga membuka Poparnas dengan bermain basket sebagai simbolis pembukaan olahraga antara perguruan tinggi di bawah Kemenparekraf.

"Semangat yang dibawa dari gelaran Poparnas ini adalah semangat sport tourism (pariwisata olahraga). Saya meyakini pariwisata olahraga turut menjadi andalan Indonesia khususnya Sumsel," kata Sandiaga, Sabtu (19/11/2022).

Tercatat ada 385 peserta dalam gelaran Poparnas yang baru diselenggarakan pertama kali. Dirinya berharap gagasan mendorong sport tourism di Indonesia dapat terus menjadi tonggak Indonesia mengangkat pariwisata dari sisi berbeda.

"Harapannya ke depan mampu melakukan kegiatan berkelanjutan. Poparnas tetap akan diadakan di Palembang karena ini adalah keunggulan Palembang dan harus diperluas mengundang Poltekpar swasta dan kampus lain. Bahkan cabor yang dimainkan akan terus bertambah," jelas dia.

Sandiaga mencatat, pariwisata olahraga merupakan bagian dari health tourism yang memiliki peluang hingga 2,3 juta lapangan kerja. Generasi muda maupun pelaku pariwisata diharapkan turut mengambil peluang pariwisata olahraga untuk mendorong kemajuan di Indonesia termasuk daerah lain seperti Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang mengadakan MXGP dan World Superbike.

"Bukan hanya olahraganya saja yang turut merasakan dampak sport tourism. Ada UMKM, hingga industri yang terlibat. Saya kira perlu diambil potensi sebagai kebangkitan pariwisata di tengah ancaman resesi," jelas dia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
25:54
04:20
00:52
02:08
02:13
01:10
Viral