Salah satu aset PT Gunung Aji Jaya di Kabupaten Lampung Tengah yang dibakar massa.
Sumber :
  • Pujiansyah

Ratusan Personel Gabungan TNI-Polri Amankan Lokasi Pembakaran PT Gunung Aji Jaya di Lampung Tengah

Minggu, 20 November 2022 - 13:08 WIB

Lampung Tengah, Lampung - Ratusan personel gabungan TNI/Polri mengamankan lokasi kantor PT Gunung Aji Jaya di Kecamatan Pubian, Kabupaten Lampung Tengah yang dirusak dan dibakar oleh ratusan massa pada Sabtu (20/11/2022).

Sekitar 200 massa dari lima kampung di Kecamatan Pubian, Lampung Tengah, mengamuk dan membakar mess karyawan di tiga lokasi. Akibatnya dua unit mobil dan sejumlah mess karyawan dan gudang milik PT Gunung Aji Perkasa terbakar.

Selain berhasil membakar sejumlah peralatan milik perusahaan perkebunan sawit tersebut, kawanan massa juga nyaris membakar dan menghakimi warga setempat.

Kapolres Lampung Tengah, AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya, mengatakan, warga dari lima kampung tersebut yakni dari Kampung Gunung Aji, Gunung Raya, Negri Ratu dan Negeri Kepayungan, Kecamatan  Pubian, menuntut pengembalian lahan milik PT Gunung Aji Jaya yang terletak di Kampung Gunung Haji, Kecamatan Pubian, karena dinilai telah habis hak guna usaha (HGU) sejak tahun 2015.

"Dilihat dari bukti administrasi, lahan perkebunan sawit tersebut masih milik PT Gunung Aji Jaya.  Secara legal, lahan masih merupakan milik PT Gunung Aji Jaya, HGU telah diperpanjang sejak tahun 2015 sampai dengan tahun 2040 dengan luas 493,63 Ha dengan sertifikat sebanyak 10 sertifikat," kata AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya. 

AKBP menambahkan, bahwa HGU tersebut telah diperpanjang dan berlaku hingga tahun 2040. Ia meminta masyarakat agar tidak melakukan tindakan-tindakan yang diluar aturan atau melanggar hukum.

"Saat ini situasi aman terkendali, kami sudah menempatkan sejumlah personel Samapta untuk melaksanakan patroli prioritas di lingkungan PT Gunung Aji Jaya dengan menempatkan personil Sat Brimobda di lokasi kantor dan areal perkebunan," terangnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:21
02:44
09:37
02:52
04:28
07:37
Viral