Jalan lintas Natal sedang tertimbun material banjir dan alat berat sedang membersihkan material banjir bandang..
Sumber :
  • Tim Tvone/Romulo Siregar

Tertimbun Material Banjir Bandang, Jalur Madina Pantai Barat Lumpuh Total

Jumat, 25 November 2022 - 21:32 WIB

Mandailing Natal, Sumatera Utara - Jalur transportasi Ibu Kota Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Sumatera Utara menuju tujuh kecamatan di wilayah pantai barat lumpuh total akibat tertimbun material banjir bandang. Tumpukan lumpur, batu dan kayu menutup badan jalan sepanjang ratusan meter dengan tinggi sekitar satu meter.

Lokasi jalur transportasi yang tertimbun material banjir bandang tersebut berada di Desa Sopo Tinjak, Kecamatan Batang Natal, Madina, tepatnya perbatasan Desa Sopo Tinjak dengan Desa Bulu Soma. Jalur tersebut tertimbun material banjir bandang sejak Jumat (25/11/2022) siang. Material tersebut berasal dari Sungai Hatupangan.

Kepala Desa Bulu Soma, Junedi Hambali, yang dihubungi melalui telepon selulernya, menyebutkan material banjir bandang naik ke badan jalan setelah kolong jembatan yang dilewati sungai tersebut tersumbat.

"Ini lagi di lokasi, pak. Sudah ratusan meter jalan yang tertibun kayu, lumpur dan batu. Hujan di sini dari tadi pagi, diduga ada longsoran di atas, di hulu Sitinjak. Kami belum berani mendekat karena material masih terus bergerak,” terang Junedi Hambali.

Junedi Hambali menambahkan, di hilir Sungai Hatupangan, desa yang paling dekat adalah Bulu Soma. Untuk antisipasi material banjir menerjang permukiman, warga desa telah diperingati untuk menjauhi pinggir sungai hingga hujan reda.

"Sudah kita informasikan ke bawah agar warga tetap waspada, bagi yang rumahnya dekat sungai supaya menjauh dulu sementara. Saya bersama pak camat sedang di lokasi untuk memantau pergerakan material banjir bandang,” pungkas Junedi Hambali.

Akibat peristiwa tersebut, jalur transportasi antara Ibu Kota Kabupaten Madina dengan tujuh kecamatan di wilayah pantai barat putus total. Jalur tersebut juga penghubung jalan lintas tengah Sumatera dengan jalan nasional lintas barat Sumatera. Saat ini, alat berat milik pemerintah sedang melakukan pembersihan material banjir bandang dari badan jalan. (rsr/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral