Produk makanan yang bahan bakunya dari batang pohon pisang..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Puja

Warga Musi Banyuasin Manfaatkan Pohon Pisang Jadi Jajanan Lezat

Sabtu, 26 November 2022 - 16:44 WIB

Musi Banyuasin, Sumatera Selatan - Warga asal Kecamatan Batang Hari Leko (BHL), Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, membuat inovasi baru dengan membuat berbagai makanan yang bahan bakunya dari pohon pisang, atau batang bonggol pisang.

Jajanan yang dibuat warga ini meliputi keripik bonggol pisang, roti bolu Kiss bonggol pisang, bolu gulung bonggol pisang, serta beberapa aneka jajanan yang dibuat dari bonggol pisang.

Awalnya warga di Kecamatan BHL Musi Banyuasin, mencoba membuat tepung bonggol pisang, yang kemudian dibuat berbagai macam bentuk makanan serta jajanan. Cara membuatnya adalah, batang pisang yang sudah tua diambil bagian bawahnya atau bonggolnya, kemudian diiris tipis, dan direndam dengan air selama tujuh hari. Kemudian rendaman bonggol pisang tersebut dijemur hingga kering, dan selanjutnya dijadikan tepung, kemudian diolah menjadi jajanan dan makanan.

Pj Bupati Musi Banyuasin, Apriyadi Mahmud mengatakan, inovasi warga di Kecamatan BHL ini awalnya coba-coba namun, kemudian menjadi inspiratif untuk menjadikan bonggol pisang menjadi jajanan lezat. “Ya, kami warga Musi Banyuasin, merasa bangga dengan penemuan olahan jajanan yang berasal dari bonggol pisang, bahkan sekarang jajanan tersebut banyak diminati masyarakat Musi Banyuasin, bahkan di wilayah Sumatera Selatan,” pungkas Apriyadi. (pka/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral