Petugas Puskemas Johan Pahlawan sedang melakukan fogging di pemukiman warga Desa Ujong Baroh, Kabupaten Aceh Barat.
Sumber :
  • Tim Tvone/ Chaidir Azhar

Kasus DBD di Aceh Barat Meningkat, Petugas Lakukan Fogging ke Rumah Warga

Kamis, 8 Desember 2022 - 17:14 WIB

Aceh Barat, Aceh - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Aceh Barat terus meningkat, untuk mengatasi penularan penyakit tersebut, dinas kesehatan melalui Puskesmas Johan Pahlawan setempat melakukan Pemberantas Sarang Nyamuk (PSN) di sejumlah lokasi.

Yusnizar, Penanggung Jawab (PJ) Pogram Demam Berdarah Dengue (DBD) Puskesmas Johan Pahlawan mengatakan, fogging hanya dilakukan jika ada kasus yang menularkan penyakit DBD disebut nyamuk infektif, artinya nyamuk yang mengandung virus dengue DBD. “Ya, karena fogging bertujuan hanya untuk memutuskan rantai penularan DBD yang terjadi di suatu tempat, dikarenakan adanya masyarakat terkena DBD maka kita hari melakukan fogging," sebut Yunizar.
Lanjutnya, pada tahun 2022 ini ada sekitar 35 kasus yang menular kepada masyarakat dibandingkan dari tahun 2021 hanya 20 kasus yang terdampak penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Aceh Barat.

"Tahun ini dari 35 kasus hanya dua kasus yang terkena dampak berat yaitu Dengue Shock Syndrome (DSS), di mana saat itu penderita mengalami pendarahan pada gusi dan mengeluarkan darah di mulut, Alhamdulilah semua kasus tersebut sudah sembuh,” ungkap Yunizar.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Johan Pahlawan, Desi Resita menyampaikan terkait pencegahan terjadinya Demam Berdarah Dengue (DBD), pihaknya terus melakukan sosialisasi terhadap masyarakat. "Kita terus melakukan edukasi dan sosialisasi terhadap masyarakat, serta memberitahukan kepada warga untuk mematuhi 3 M yakni menguras, menutup serta mendaur ulang barang-barang bekas agar tidak terciptanya sarang nyamuk dimana-mana," terang Desi.

Menurut Kepala Puskesmas, masalah Demam Berdarah Dengue (BDB) akan bisa teratasi jika seluruh lapisan warga mau secara bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan. "Kalau warga tidak menjaga kebersihan lingkungan agak sulit kita lawan DBD, karena lingkungan yang tidak bersih akan menjadi sarang nyamuk," tegasnya. (kha/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral