Wabah Ulat Bulu.
Sumber :
  • Tim TvOne/Kurnia

Wabah Ulat Bulu, Puluhan Warga di Kabupaten Lingga Diserang Penyakit Gatal-gatal

Senin, 12 Desember 2022 - 19:12 WIB

Lingga, Kepri - Puluhan warga pesisir di Dusun 01, Desa Jagoh, Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri) terserang penyakit gatal-gatal setelah mewabahnya ulat bulu di sekitar pemukiman mereka.

Ribuan ulat bulu itu berasal dari pohon-pohon bakau yang tumbuh di sekitar pemukiman warga. Banyaknya populasi ulat bulu menjalar hingga menempel di atap, dinding dan masuk ke rumah warga.

Sutini, salah seorang ibu rumah tangga yang anaknya mengalami gatal-gatal akibat wabah ulat bulu tersebut menuturkan, gejala awalnya gatal-gatal berupa bintik-bintik kecil kemudian makin membesar dan berwarna kemerahan.

"Gatalnya membuat susah tidur, obat dari rumah sakit berbentuk serbuk, sudah dua kali berobat, cuma gak mempan," ujar Tini, Senin (12/12/2022).

Berdasarkan keterangan Kepala Dusun 01 Desa Jagoh, Sumarni mengatakan, wabah ulat bulu sudah dua kali, namun wabah kedua ini lebih banyak dari sebelumnya.

"Memang dulu pernah terjadi, tapi sekarang lebih banyak, ada ribuan yang bersarang di Pohon-pohon," ujar Sumarni.

Sumarni juga mengatakan, sebagian besar warga yang terserang gatal-gatal akibat bulu ulat tersebut terbawa angin, menempel di tubuh dan rumah warga.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral