Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto hadiri Rapimda II DPD Golkar Sumut.
Sumber :
  • Tim tvOne/ Fahmi

Menko Perekonomian Dorong Ekspansi Produk PT Inalum

Jumat, 23 Desember 2022 - 23:36 WIB

Medan, Sumatera Utara - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto mendorong segera dilakukan ekspansi terhadap produk aluminium yang dihasilkan dari PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum).

"Asahan (Inalum) menghasilkan aluminium dari alumina, kita tahu sejak dibangun oleh Presiden RI Soeharto lalu, belum ekspansi. Nah, sekarang Asahan waktunya untuk ekspansi," ucapnya disela-sela acara Rapimda II DPD Partai Golkar Sumut, Jumat (23/12/2022) di Santika Hotel Medan.

Dikatakan Airlangga, upaya ekspor dari aluminium itu diharapkannya bisa meningkatkan salah satu potensi terbesar di Sumatera Utara.

Diketahui, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melarang ekspor bauksit, guna mendorong peningkatan nilai tambah dan hilirisasi bauksit di dalam negeri. Apalagi, saat ini, Indonesia mengimpor aluminium tak kurang US$ 2 miliar. Aluminium merupakan salah satu produk turunan dari bauksit.

"Ini adalah sebuah kesempatan, di tanah air saja harga bauksit ataupun or-nya itu kalau kita ekspor hanya 35 U$ dolar, tapi kalau udah jadi aluminium di Inalum itu, harganya 3.500 U$ dolar. Mana yang mau kita export yang 3.500 dolar atau yang 35 dolar. Nah, itulah yang kemarin diputuskan," ucapnya.

Dalam mendorong produk aluminium pada hilirisasi, disinggung Airlangga Hartarto, hal tersebut menjadi pekerjaan dari Menteri Perindustrian. Lebih lanjut, Airlangga juga merepotkan secara positif terhadap pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara yang dinilainya sudah membaik. Hal tersebut tentunya dipicu dan didukung oleh pembangunan infrastruktur Sumatera Utara."Terbangunnya tol itu sudah bagus, relatif sudah baik," tambahnya.

"Kalau kita bersama tentu dengan teman-teman partai-partai yang bergabung di dalam koalisi pemerintah maka ini adalah momentum bagi Indonesia untuk menjadi negara maju dan sejahtera," tegasnya kembali. (zul/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:31
02:44
03:34
06:26
09:41
20:11
Viral