Ribuan lampion mulai hiasi jalan di Meral menyambut Imlek..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Jupri

Jelang Imlek, Ribuan Lampion Mulai Hiasi Jalanan di Kota Meral Karimun

Sabtu, 7 Januari 2023 - 13:25 WIB

Karimun, Kepri - Menyambut Tahun Baru Imlek 2023, masyarakat Tionghoa di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau memasang ribuan lampion di sepanjang Kota Meral.

Menurut tradisi Tionghoa, perayaan Imlek adalah sarana untuk mengantarkan tahun yang lama dan mendatangkan keberuntungan dan kemakmuran untuk tahun yang baru. Pada momen ini, warga Tionghoa umumnya mendekorasi rumah maupun tempa ibadah bernuansa warna merah.

Tidak hanya itu perayaan Imlek juga dikenal sebagai tradisi untuk menghormati kerabat yang telah meninggal, serta tradisi bagi-bagi angpao.

"Ada ribuan lampion yang dipasang di wilayah Meral untuk menyambut Imlek 2023, lampion ini digantung di pinggir jalan maupun di depan-depan rumah,” ucap Mansyur, salah satu warga yang tinggal di Kota Meral, Karimun.

Mansyur menjelaskan adapun selain untuk memeriahkan Imlek pada tahun ini, lampion dimaknai sebagai lambang kemakmuran dan buang sial. “Pokoknya warna merah membawa heng, lah, atau keberuntungan,” ucapnya.

Selain memasang lampion-lampion, nantinya pada perayaan Imlek juga diadakan pembakaran kembang api, sembahyang dewa, hingga tradisi bagi angpao. “Semoga Imlek pada tahun ini membawa keberuntungan dan kemakmuran untuk semua, serta dijauhkan dari keburukan,” tutup Mansyur. (aji/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral