Gunung Kerinci di Provinsi Jambi ..
Sumber :
  • (FOTO ANTARA/HO/yani)

Gunung Kerinci Erupsi, Pemda Jambi Upayakan Jalur Perintis untuk Evakuasi

Rabu, 11 Januari 2023 - 12:45 WIB

Jambi, tvOnenews.com - Erupsi yang kini terus terjadi di Gunung Kerinci membuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi tengah merintis pemb

Pembangunan jalur evakuasi Gunung Kerinci yang menembus wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

"Jalur evakuasi ini dirintis sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk bersiaga dalam menghadapi kemungkinan bencana gunung berapi karena sudah beberapa waktu belakangan ini Gunung Kerinci beberapa kali erupsi kecil," kata Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jambi Sudirman, Rabu (11/1/2023).

Pembangunan jalur perintis dilakukan karena terus meningkatnya aktivitas seismik gunung tersebut dalam beberapa waktu terakhir.

"Benar, jalur evakuasi alternatif yang menembus TNKS itu memang sudah kita diskusikan dan sudah juga mulai kita rintis, nanti akan kita bahas lagi dengan Kementerian KLHK," tambahnya.

Pembangunan jalur perintis ini juga akan memudahkan evakuasi bila sewaktu-waktu Gunung Kerinci erupsi hebat. Apalagi jalur perintis yang tengah dibuat akan menembus hingga ke Kabupaten Merangin dan Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

"Tetapi memang sekali lagi ditegaskan bahwa jalurnya menembus Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS)," kata Sudirman.

"Kalau sampai tidak ada jalur evakuasi alternatif ini, takutnya nanti ketika terjadi bencana Gunung Kerinci meletus atau lainnya, dikhawatirkan masyarakat akan terkurung karena hanya ada satu jalur. Saat ini yang dilakukan pendaki dan hasil rapat kemarin memang kita dorong kembali untuk dapat dibuka jalurnya dan segera direalisasikan," demikian Sudirman.

TNKS sendiri karena masuk dalam wilayah wewenang pemerintah dan negara sehingga Pemprov Jambi akan kembali melakukan komunikasi dengan pemerintah pusat mengenai jalur evakuasi alternatif ini. (ant/mii)

 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral