Bazar Imlek Tanjungpinang 2.
Sumber :
  • Kurnia Syaifullah

Bazar Imlek Tanjungpinang Kepulauan Riau Bangkitkan Sektor UMKM dan Pilihan Libur Akhir Pekan

Senin, 16 Januari 2023 - 01:39 WIB

Tanjungpinang, tvOnenews.com - Penyelenggaraan Bazar imlek di pusat kota lama Tanjungpinang, menjadi salah satu event yang membangkitkan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri). Kemeriahan bazar imlek tersebut sekaligus menjadi alternatif mengisi waktu libur akhir pekan bagi masyarakat setempat.

Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) cabang Tanjungpinang-Bintan, Freddy mengatakan, Bazar imlek di Tanjungpinang berlangsung selama sebulan penuh dari tanggal 30 Desember 2022 dan berakhir pada tanggal 20 Januari 2023.

"Sebelumnya Bazar imlek rutin diselenggarakan setiap tahun, dua tahun kemarin saja tidak karena pandemi COVID-19," ujar Freddy, Minggu (15/1/2023).



Penyelenggaraan Bazar imlek di pusat kota lama Tanjungpinang yaitu sepanjang Jl. Merdeka dan Jl. Teuku Umar menurut Freddy, sedikitnya terdapat 300 stand berbagai sektor UMKM diantaranya stand pernak pernik imlek, jajanan dan kuliner, aksesoris dan pakaian, hingga stand permainan.

"Disamping itu kita juga menggerakkan UMKM di Tanjungpinang. Dalam nuansa imlek ini kita bikin kebersamaan, walaupun imlek yang jualan itu kan UMKM beraneka ragam, jadi kita tidak batasi dari suku tertentu, semua menyatu,"jelas Freddy.



Freddy menambahkan, rangkaian bazar imlek nantinya akan ditutup dengan acara puncak penyambutan tahun baru imlek di lokasi yang sama pada malam tanggal 21 Januari 2023.

"Sehari sebelum tahun baru imlek, nanti kita adakan acara penyambutan dengan berbagai hiburan, Barongsai, tarian dan musik,"Tambahnya.

Sementara salah seorang pengunjung bazar imlek, Reka mengaku datang bersama putrinya untuk menikmati libur akhir pekan. Ia mengatakan acara bazar imlek ini memang sudah di tunggu-tunggu setelah dua tahun absen karena covid-19.

"Saya datang bersama anak ke sini kaget juga, ternyata ramai pengunjungnya, jajanannya juga banyak," ungkap Reka, Minggu (15/1/2023).

Salah seorang pedagang, Rudi Hartono juga mengaku sangat senang dan merasakan kemeriahan bazar imlek tahun ini seperti bazar imlek sebelum pandemi COVID-19.


"Bazar imlek ini bisa membantu pertumbuhan ekonomi, Tanjungpinang pun malam hari sudah lama begitu sepi, dan dengan adanya bazar malam imlek ini terasa lebih meriah lagi, menyambut imlek pun jadi meriah dan suasananya terasa juga,"ungkap Rudi.

Jam operasi Bazar imlek di pusat kota lama Tanjungpinang dimulai dari pukul 17:00 wib hingga pukul 00:00 Wib setiap harinya.(ksh/ade)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral