Bupati tinjau tenan UMKM.
Sumber :
  • Tim Tvone/ Jupri

Demi Dongkrak Perekonomian, Pemerintah Beri Pinjaman Tanpa Bunga untuk UMKM

Kamis, 19 Januari 2023 - 17:25 WIB

Karimun, Kepri - Pemerintah Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) memberikan pinjaman modal tanpa bunga bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Inovasi ini bekerjasama dengan Bank Riau Kepri. Pemkab Karimun akan memberikan besaran pinjaman modal sebesar Rp10 juta ke bawah.

"Saat ini Bank Riau Kepri sedang sosialiasi soal pinjaman modal tanpa bunga ini. Untuk di provinsi Rp20 juta, kalau kita (Pemkab-red) bisa besarannya Rp5 - Rp10 juta. Dengan harapan dengan bantuan pinjaman ini mendongkrak dan mengembangkan usahanya," ucap Bupati Karimun, Rabu (18/1/2023).

Rafiq mengatakan, pemberian pinjaman tanpa modal ini bersumber dari APBD Kabupaten Karimun dan APBD Provinsi Kepri. Lanjutnya, terkait teknis peminjaman, pelaku UMKM dapat mendatangi kantor Bank Riau, Kepri agar mendapatkan informasi secara detil yang dibutuhkan.

"Mungkin ada jaminannya, sesuai dengan angka pinjaman. Sistemnya diatur sesuai aturan perbankan agar tidak terjadi kesalahan seperti sebelum-sebelumnya, banyak pinjaman bergulir yang macet," kata dia.

Dia juga berharap dengan adanya pinjaman tanpa bunga ini bisa membantu UMKM secara umum. (AJI/LNO)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral