Siswa belajar tanpa kursi dan meja di SD Negeri Pangkalan Desa Sukaraya Baru..
Sumber :
  • Tim Tvone/ Arwin

Tak Ada Kursi, Pelajar SD Negeri Pangkalan Musi Rawas Belajar di Lantai

Kamis, 26 Januari 2023 - 14:26 WIB

Musi Rawas, Sumatera Selatan - Miris, inilah kata yang tepat untuk menggambarkan nasib seratusan pelajar Sekolah Dasar Negeri Pangkalan, Desa Sukaraya Baru, Kecamatan STL Ulu Terawas, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan. Pasalnya siswa-siswi di SD tersebut harus belajar dengan beralaskan matras seadanya bahkan ada yang harus lesehan di lantai.

Walau pun sarana yang dimiliki sekolah ini dalam kondisi memperihatinkan dan penuh keterbatasan, namun hal itu tidak menyurutkan semangat para pelajar dalam menuntut ilmu.

“Iya, seperti inilah keadaan SD Negeri Pangkalan, Desa Sukaraya Baru, jauh dari kata layak dan kami, guru di sini hanya bisa mengajar dan tidak bisa berbuat banyak mengenai kondisi ini,” ungkap Masrum, salah seorang guru di sekolah tersebut.

Menurut Masrum, total murid sekolah ini berjumlah sekitar 200 orang, sementara kursi yang tersedia dan layak pakai sekitar dua kelas saja. Alhasil, sebagian besar siswa terpaksa belajar beralaskan tikar atau matras, bahkan sebagian lagi siswa lainnya hanya duduk lesehan di lantai tanpa menggunakan alas apapun.

“Kalau setiap hari kegiatan belajar mengajar terus seperti ini, bagaimana mana murid kami bisa mengejar prestasi dan pintar, pak,” keluh Masrum sedih.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral