Lahan pertanian mengalami kerusakan pada tanaman akibat diguyur hujan abu vulkanik Gunung Kerinci..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Arizal

13 Desa di Kerinci Diguyur Hujan Abu Vulkanik Gunung Api Kerinci

Sabtu, 4 Februari 2023 - 17:01 WIB

Kerinci, Jambi – Sebanyak 13 desa di Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, diguyur hujan abu vulkanik dari aktivitas Gunung Api Kerinci pada Sabtu (4/2/2023). Akibatnya, wilayah sekitar Gunung Kerinci yang terkenal dengan sentra pertanian mengalami kerusakan pada tanaman seperti cabe, kentang, tomat dan tanaman sayur lainnya.

Berdasarkan data dari pos pemantau Gunung Api Kerinci mencatat bahwa, erupsi terjadi pada Jumat sekitar 02:30 WIB. Namun tinggi kolom abu tidak teramati karena malam hari.

pada Sabtu pagi, Gunung Kerinci kembali erupsi pada pukul 06:46 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 200 meter di atas puncak (± 4.005 M di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga coklat dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 2 MM dan durasi sementara ini ± 1 jam 40 menit.

Erupsi yang terjadi mengakibatkan 13 desa  di bawah kaki Gunung Kerinci terdampak abu vulkanik.

“Iya, 13 desa di Kecamatna Gunung Tujuh terdampak namun yang terparah terjadi di tiga desa diantaranya yakni Desa Pasar Baru Pelompek, Desa Pelompek dan Desa Telun Berasap adalah desa yang terparah terdampak abu vulkanik Gunung Kerinci,” ungkap Kelvin, salah satu warga.

Diakuinya, sisa abu vulkanik terlihat jelas menempel pada tanaman petani, atap rumah dan kendaraan. Bahkan hujan abu ini mengganggu aktivitas warga dan pertanian warga terancam mati. 

“Jika melihat kondisi di lapangan, banyak tanaman warga yang terancam mati, karena abunya sangat tebal menempel pada tanaman,” bebernya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral