Umat hindu ritual sembahyang di Kuil Sree Soepramaniam Naggaratar Jalan Kejaksaan Ujung Medan..
Sumber :
  • Sri Gustina Hasan

800 Umat Hindu Kota Medan Rayakan Thaipusam dengan Suka Cita

Minggu, 5 Februari 2023 - 19:26 WIB

Medan, Sumatera Utara - Sejak pagi hari, masyarakat hindu tamil tampak memenuhi Kuil Sree Soepramaniam Naggaratar, Kuil Shri Bathara Kailamman dan Kuil Shri Mariamann Jalan Zainul Arifin Medan, untuk melakukan ritual sembahyang kepada dewa di Hari Perayaan Thaipusam, Minggu (5/2/2023) siang.

Perayaan Thaipusam kali ini diklaim begitu berbeda dan meriah jika dibandingkan tahun lalu. Hal ini diungkapkan salah satu pengurus Kuil Uthama Seelan.

"Utusan tiga negara menghadiri perayaan Thaipusam kali ini, seperti Malaysia, Singapore dan yang paling jauh dari India, khusus terbang untuk perayaan ini,” ungkapnya.

Thaipusam adalah festival yang dirayakan oleh orang-orang Tamil pada bulan purnama pertama pada bulan Thai (Januari/Februari) dalam kalender Tamil.

"Kereta kencana yang kini berusia 130 tahun akan diarak melalui jalan-jalan protokol kota Medan sore nanti,” lanjut pengurus kuil.

Perayaan Thaipusam kali ini diharapkan memberi keberkahan dalam segala hal, baik kesehatan, rezeki dan tolak bencana yang akhir-akhir ini terjadi.

Usai ritual sembahyang kepada dewa, delapan ratusan umat hindu secara bergantian memenuhi ruangan pertemuan untuk menikmati makanan dari kuil yang sebelumnya didoakan oleh pendeta kuil sebagai bentuk ungkapan terima kasih kepada pemilik alam semesta atas syukur nikmat yang diberikan kepada umat manusia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral